::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ratusan Madrasah dan Sekolah di Purbalingga Meriahkan Lomba Tahlil

Rabu, 03 Oktober 2018 21:15 Daerah

Bagikan

Ratusan Madrasah dan Sekolah di Purbalingga Meriahkan Lomba Tahlil
Purbalingga, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah  memeriahkan hari lahir Ma'arif NU yang ke-89 dengan menyelenggarakan lomba tahlil.

Lomba dilaksanakan Rabu (3/10) dan dibagi.menjadi dua tempat yaitu di MTs Al Hikmah Kalikabong dan di Gedung NU Kabupaten Purbalingga.

Menurut penuturan H Ahmad Muhdzir selaku Ketua PC LP Ma’arif Purbalingga, bahwa lomba diikuti seluruh lembaga di bawah naungan Ma’arif yang berjumlah 135 madrasah dan sekolah.

“Lomba tahlil ini merupakan wahana evaluasi dari pelaksanakan program unggulan Ma’arif Purbalingga yaitu hari iman dan taqwa Aswaja An Nahdiyah yang disebut dengan Himtaq Annahdliyah,” katanya.

Menurutnya, program sudah berjalan satu tahun dalam bentuk praktek amaliah NU. “Seperti tahlil, istighotsah, ziarah, barzanji, simtudduror, asmaul husna dan shalawatan.yang dilaksanakan setiap Jumat pagi sebelum pembelajaran,” jelasnya.

Sejumlah kegiatan tersebut diwajibkan PC LP Ma’arif NU untuk dilaksanakan di semua tingkatan baik MI,SMP maupun MTs, juga SMA, SMK, serta MA. 

“Alhamdulilah program ini didukung semua madrasah dan sekolah sehingga momentum Harlah Ma’arif dijadikan dasar untuk mengevaluasi pelaksanakan program pembiasaan amaliah NU,” ungkapnya.

Lomba ini ternyata mendapat sambutan positif dari guru. Menurut Naelul Fauzi guru MI Ma’arif Candiwulan bahwa lomba tidak sekadar unjuk prestasi tapi juga nuansa pengkaderan NU sangat terasa. 

"Saya sangat terenyuh dan bangga melihat anak MI sudah bisa memimpin tahlil, yang gurunya saja helum tentu bisa dan percaya diri,” ungkapnya.

Selain lomba tahlil, PC LP Ma’arif NU Purbalingga juga mengadakan lomba penyusunan kurikulum madrasah atau sekolah. Juga lomba inovasi pembelajaran dan pertandingan volly ball antar kecamatan. (Naelul Fauzi/Ibnu Nawawi)