::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

SMP Zaha Genggong Wajibkan Guru dan Murid Hafal Al-Qur'an

Jumat, 12 Oktober 2018 04:00 Daerah

Bagikan

SMP Zaha Genggong Wajibkan Guru dan Murid Hafal Al-Qur'an
Rakor guru di SMP Zaha Genggong Probolinggo
Probolinggo, NU Online
Kepala Biro Pendidikan Yayasan Pesantren Zainul Hasan Genggong Abdul Aziz Wahab mengungkapkan, para guru dan pelajar di lingkungan pendidikan di SMP Zainul Hasan 1 Genggong, wajib menekuni bidang Al-Qur'an dan Bahasa Inggris.

Menurut Aziz, pada program ilmu Al-Qur'an semua santri SMP Zainul Hasan 1 ditargetkan mampu menghafal 1 juz Al-Qur'an dalam waktu sebulan. "Sebelum dinyatakan lulus sekolah, para siswa sudah bisa menghafal 30 Al-Qur'an," tegasnya.

"Agar program ini bisa terlaksana dengan baik, maka para guru di SMP Zaha juga harus menghafal Al-Qur'an. Ada beberapa metode cepat menghafal Al-Qur'an, salah satunya metode berulang 1 hari 5 ayat," ujar Aziz.

Dikatakan, metode ini membuat apa yang dihafalkan lebih mudah diingat, misalkan dalam sehari, diulang-ulang minimal 5 ayat setiap mau makan, setelah makan, istirahat, sebelum tidur, dan lain-lain.

Sementara untuk pendalaman mata pelajaran Bahasa Inggris dimaksudkan agar santri dan lulusan SMP Zaha bisa masuk dalam kancah olimpiade Bahasa Inggris di berbagai tingkatan. Untuk memulainya, guru mempraktikkan percakapan Bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. 

"Dengan metode tersebut, diharapkan para santri terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan, kami akan mendatangkan tutor Bahasa Inggris  membimbing ustadz dan ustadzah," ungkapnya. 

Dikatakan, program peningkatkan kualitas pendidikan di SMP Zainul Hasan (Zaha) 1 Genggong Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo bertujuan untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas sesuai perkembangan zaman. (Syamsul Akbar/Muiz)