::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ini Lafal Niat Shalat Sunnah Malam Jumat

Rabu, 28 November 2018 13:00 Shalat

Bagikan

Ini Lafal Niat Shalat Sunnah Malam Jumat
(Foto: @reuters)
Malam Jumat identik dengan malam ibadah. Pada mala mini banyak orang membaca Surat Yasin, Surat Al-Kahfi, Surat Al-Jumuah, dan melantunkan doa dengan pelbagai keperluan. Pada malam ini kita juga dianjurkan untuk shalat sunnah malam Jumat yang mengandung keutamaan besar.

“Dan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallama, ‘Barang siapa sembahyang sunnah dua rakaat pada malam Jumat dibaca ayatnya sesudah Fatihah Iza Zulzilatil Ardhu hingga akhirnya lima belas kali berturut-turut dalam kedua rakaanya, ia tiada dimatikan Allah Ta‘ala hingga dilihatnya akan tempatnya di dalam surga,’” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 44-45).

Berikut ini adalah lafal niat shalat sunnah malam Jumat.

أُصَلِّيْ السُنَّةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushallis sunnata rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah ba‘diyyah Jumat dua rakaat karena Allah SWT,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 45).

Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam, atau hari yang sangat terhormat dalam sepekan. Pada hari ini kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah melebihi hari lainnya, termasuk shalawat nabi. Wallahu a‘lam. (Alhafiz K)