Daerah

PMII Padang Dana Galang dan untuk Korban Bencana Aceh dan Bima

Ahad, 25 Desember 2016 | 11:02 WIB

Padang, NU Online 
Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Padang turun ke jalan melakukan aksi untuk menghimpun dana dari masyarakat yang akan disalurkan kepada korban banjir bandang di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terjadi pada Rabu (21/12/2016). 

Aksi penggalangan dana tersebut digelar, Sabtu (24/12). “Kemarin (Jumat) saya dapat intruksi dari Ketua PMII Kota Padang Hasbullah Alkomar untuk melakukan aksi menggalang dana atas bencana alam di Bima NTB. Saat ini Ketua Umum Hasbullah sedang berada di Aceh untuk mengantarkan sumbangan yang telah kami kumpulkan pada aksi sebelumnya,” kata Sekretaris PMII Cabang Kota Padang Khalik.

Menurut Khalik, malam sebelumnya PMII Padang melakukan rapat koordinasi sekaligus kajian terhadap dampak bencana banjir bandang tersebut. Akhirnya atas nama kepengurusan kami menunjuk Fadli Jamal sebagai Koordinator Lapangan aksi penggalangan dana korban banjir Bima. 

Korlap aksi Fadli Jamal menerangkan bahwa pada aksi tersebut diikuti sekitar 25 orang anggota PMII Padang dari berbagai kampus. Di antaranya dari Universitas Andals, IAIN Imam Bonjol Padang dan Universitas Negeri Padang. “Aksi ini akan kami lakukan sampai Selasa, mengingat bencana ini tidak terlalu gencar pemberitaan di media massa. Sehingga sebagian masyarakat agak sedikit bingung dengan aksi yang kami lakukan,” tambahnya.

Aksi penggalangan dana  dilakukan di jalan Rasuna Said atau di depan Kantor Jasa Raharja Sumatera Barat dan simpang di depan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat. “Untuk hari selanjutnya akan kami laksanakan dibeberapa titik. Minggu  akan turun ke GOR Agus salim,” terang Fadli Jamal.

Menurut Khalik teknis penyaluran dana tidak sama dengan penyaluran dana ke Aceh kemarin. “Tidak seperti di Aceh yang kami antarkan langsung ke lokasi bencana. Kali ini dana yang kami kumpulkan dari masyarakat akan kami salurkan melalui Coin Foundation yang merupakan Yayasan PMII Mataram. Karena lokasi bencana yang jauh, kami terus berkoordinasi dengan sahabat PMII NTB," pungkasnya. (Armaidi Tanjung/Abdullah Alawi)

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Terkait