Nasional

Pengobatan Gratis, Shalawatan, dan Aneka Lomba Semarak

Sel, 3 Maret 2015 | 02:02 WIB

Jakarta, NU Online
Musim peringatan hari lahir (Harlah) ke-61 Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan ke-60 Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) menjadi momen bagi para pelajar NU di berbagai daerah untuk mengaktifkan ragam kegiatan sosial dan keagamaan. Kemeriahan ini berlangsung hingga ke tingkat pimpinan ranting atau kelurahan.
<>
Seperti yang dilakukan Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kencong, Jember, Jawa Timur, Sepanjang Sabtu dan Ahad (1-2/3), di Alun-alun Kencong. Organisasi beranggotakan para pelajar ini menggelar pengobatan gratis, kirab pelajar santri, dan malam harinya ditutup dengan shalawatan bersama para habaib, kiai, dan PCNU Kencong.

Pengobatan gratis diminati oleh 150 orang, kirab pelajar dan santri diikuti lebih dari 500 peserta, sedangkan acara “Kencong Bershalawat” yang dipadati ratusan pengunjung. Ketua PC IPNU Kencong Ridwan mengaku bangga bisa mempersembahkan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat.

Ridwan mengatakan, semua kegiatan tersebut mempunyai nilai sosial sekaligus keagamaan. "Kita ingin IPNU-IPPNU bisa berbuat sesuatu untuk warga, sehingga keberadaan IPNU-IPPNU dirasakan oleh warga," jelasnya.

Sebelumnya, Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kalinyamatan, Jepara, Jawa Tengah, juga turut memeriahkan momen serupa dengan aneka perlombaan. Sepanjang 22 Februari-1 Maret 2015, IPNU-IPPNU setempat menyajikan berbagai cabang lomba, antara lain futsal, baca puisi, catur, tartil al-Qur’an, menyanyikan Indonesia Raya dan Mars IPNU-IPPNU, dan lomba estafet ceria.

Menurut ketua panitia, Budi Utomo, kegiatan bertema “Meningkatkan Potensi Kader Menuju Organisasi Modern” itu bertujuan untuk menggali potensi kader IPNU-IPPNU di Kecamatan Kalinyamatan.  Rifqi Septian Prayogo, Ketua PAC IPNU Kalinyamatan menyatakan, lomba-lomba tersebut menjadi sarana penguatan religiusitas juga wahana pembelajaran yang menyenangkan.

Sebagaimana diwartakan, Pimpinan Ranting IPNNU-IPPNU Desa Kumbo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, lebih dulu meramaikan hari lahirnya dengan karnaval, santunan anak yatim, Bazar Sembako Murah. (Aryudi  A Razaq/ Syaiful Mustaqim/Mahbib)

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Terkait