Nasional

Sayid Agil Al-Munawwar: Waspada Tayangan Agama di TV, Banyak Orang Sok Alim Ceramah

Ahad, 22 Mei 2016 | 12:02 WIB

Pesawaran, NU Online
Prof Dr KH Sayid Agil Husin Al-Munawwar menegaskan bahwa pada zaman sekarang ini banyak sekali orang yang belum menguasai keilmuan agama secara mendalam. Namun demikian mereka sudah berani muncul di berbagai media khususnya televisi dan menyampaikan kajian agama.

"Sekarang banyak yang tidak fasih baca Al-Quran di berbagai media, namun seakan akan sudah sangat paham Islam," tegasnya di hadapan jamaah Khotmil Quran bil Ghaib dan bin Nadhor Pesantren Al-Hidayat, Pesawaran, Sabtu (21/5).

Menurut Prof Sayid Agil, orang-orang tersebut sama saja mengumumkan kebodohannya di depan umum dengan sering mengutip bacaan Al-Quran yang tidak sesuai dengan kaidahnya."Banyak dari mereka ini tidak belajar dan tak mau belajar, namun sudah merasa paling tahu," tegasnya.

Karena itu ia mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk senantiasa hati-hati dalam menyaksikan acara di televisi khususnya acara yang bernuansa agama.

Lebih lanjut Prof Sayid Agil juga mengingatkan bahwa saat ini juga banyak orang yang dengan gampang menyalahkan orang lain dan mendhoifkan hadits. "Ilmu agama itu luas dan banyak cabangnya. Jangan hanya membaca satu buku. Baca buku orang lain dan jangan merasa fanatic, merasa hebat dan benar sendiri," imbaunya.

Jika orang sudah banyak referensi dan paham keilmuan agama lanjutnya, maka orang tersebut tidak akan terombang ambing oleh berbagai macam aliran yang sekarang ini membingungkan umat. "Kalau dasarnya NU kuat, ke mana pun pergi kita masih akan tetap NU," katanya.

Karenanya, pesantren khususnya yang mendalami masalah Al-Quran merupakan benteng bagi generasi muda dalam memahami Islam secara menyeluruh. Al-Quran akan membentengi dan menyelamatkan para generasi muda dari aliran-aliran yang tidak jelas.

"Lebih dari itu Al-Quran bisa menjadi filter bagi dekadensi moral saat ini yang jahiliyahnya sudah melebihi zaman jahiliyah pada waktu dulu," pungkasnya. (Muhammad Faizin/Alhafiz K)

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Terkait