Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Ansor Kudus Berikan 250 Yatim piatu Uang Tunai dan Seperangkat Alat Sekolah

Ansor Kudus Berikan 250 Yatim piatu Uang Tunai dan Seperangkat Alat Sekolah

Kudus, NU Online
Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Kudus mengadakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Madrasah Tsanawiyah NU Ma'rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kabupaten Kudus, Sabtu (25/6) malam. Di sela-sela pembukaan raker, GP Ansor bekerja sama dengan Lazisnu dan Bank BNI menyerahkan santunan kepada 250 yatim piatu se-Kecamatan Kaliwungu.

Ketua Panitia Saiful Anas mengemukakan bahwa santunan ini merupakan rangkaian awal program bersama NU, Lazisnu dan Ansor yang diadakan rutin setiap bulan Ramadhan. Tahun ini, sebanyak 4.675 yatim piatu dan fakir miskin akan mendapat santunan berupa uang tunai.

"Santunan ini tidak hanya di Kaliwungu, namun akan menyebar di kecamatan-kecamatan lainnya. Harapannya, ke depan dapat lebih berkembang dan lebih banyak," imbuhnya.

Ketua GP Ansor Kudus H Muhammad Sarmanto Hasyim menambahkan bahwa Ansor sebagai organisasi kemasyarakatan pemuda, selalu berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat.

"Santunan yang diberikan adalah bentuk terkecil dari upaya kita dalam peduli dan memberdayakan masyarakat," jelas HM Sarmanto.

Pemberian santunan kepada anak yatim piatu dilakukan secara simbolis yang diberikan oleh Pengurus NU Kudus, MWCNU Kaliwungu, Lazisnu, GP Ansor, dan Bank BNI 46 secara bergantian.

Seusai penyerahan secara simbolis, anak yatim piatu yang sudah menerima surat undangan diatur berbaris rapi di atas panggung. Secara bergantian diberikan santunan secara bergantian kepada 50 anak yatim piatu dalam setiap kelompoknya. Mereka mendapatkan seperangkat alat sekolah dan sejumlah uang.

Senyum mengembang menghiasi wajah anak-anak yang sudah ditinggal orangtuanya. Mereka tampak bahagia dalam barisannya masing-masing menunggu gilirannya untuk menerima santunan yang diberikan.

Usai santunan, pengurus cabang melanjutkan kegiatan rakercab dengan agenda pembahasan program Ansor lima tahun ke depan. Rakercab diikuti semua pengurus cabang dan utusan sembilan pimpinan anak cabang GP Ansor se-Kabupaten Kudus.

Hadir dalam acara pembukaan Rais Syuriyah PCNU Kudus KH Ulil Albab Arwani, pengurus harian PCNU Kudus, Jajaran BNI 46 Kudus, dan ratusan kader pengurus Ansor Kudus. (Qomarul Adib/Alhafiz K)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×