Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Dukung Milenial Penghafal Qur'an, NU Care Cilacap Salurkan Beasiswa Tahfidz

Dukung Milenial Penghafal Qur'an, NU Care Cilacap Salurkan Beasiswa Tahfidz
Penyerahan beasiswa hafidz milenial oleh NU Care-LAZISNU Cilacap Jawa Tengah. (Foto: istimewa)
Penyerahan beasiswa hafidz milenial oleh NU Care-LAZISNU Cilacap Jawa Tengah. (Foto: istimewa)

Cilacap, NU Online

NU Care-Lembaga Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah memberikan Beasiswa Tahfidz Milenial. Terdapat lima penerima beasiswa yang merupakan para santri penghafal Al-Qur'an di Cilacap. Beasiswa ini sebagai bentuk kepedulian NU Care-LAZISNU Cilacap terhadap para santri agar lebih termotivasi dalam menghafalkan Al-Qur'an. 

 

Beasiswa tahfidz diserahkan dalam kesempatan Upgrading NU Care-LAZISNU Cilacap pada Sabtu (27/11/2021) di Hotel Sindoro Cilacap. Beasiswa diserahkan langsung oleh Katib Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap Kiai Abdal Malik, didampingi oleh Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap H Wasbah Samudra.

 

Program ini merupakan sinergi antara NU Care LAZISNU Cilacap dengan Robitotul Ma’ahidil Islamiyah  Nahdlatul Ulama (RMINU) Cilacap. Penerima adalah kader IPNU dan IPPNU yang telah direkomendasikan oleh PC IPNU-IPPNU Cilacap. Mereka adalah Nabila Zakiyah hafal 15 juz, Kamilatunni'mah hafal 25 juz, Nadila Catur Nuraeni hafal 10 juz, Husen Abdulla hafal 17 juz dan Mustahfiroh hafal 30 juz.

 

Direktur NU Care-LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi mengatakan bahwa Program Beasiswa Tahfidz Millenial bertujuan untuk memberi apresiasi kepada siswa santri tahfidz berprestasi.

 

"Dengan beasiswa ini diharapkan mampu mendorong Siswa Santri Tahfidz agar memiliki motivasi lebih dalam proses menghafal Al-Qur'an. Lebih lanjut akan membantu siswa santri tahfidz tidak mampu agar bisa terus melanjutkan studinya," ungkap Fauzi dikonfirmasi Selasa (30/11/2021).


    
Fauzi menambahkan bahwa dalam membuat sebuah program harus terukur. Begitu juga dengan program beasiswa tahdifdz ini. "Adapun indikator keberhasilan program ini adalah membantu meringankan beban biaya yang ditanggung siswa santri tahfidz yang berasal dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan hafalan Qur'annya," ujar Fauzi.

 

Kedua adalah memberikan dorongan semangat bagi siswa santri tahfidz dari keluarga kurang mampu agar terus melanjutkan studinya. Ketiga adalah meningkatkan prestasi bagi siswa santri baik dalam bidang akademik maupun hafalan Qur'annya, yang output-nya adalah peningkatan prestasi dan hafalan Al-Qur'an.


Sementara itu Ketua PC IPPNU Cilacap Neni Ismiati menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada NU Care-LAZISNU Cilacap dan RMINU yang telah mewujudkan program beasiswa santri tahfidz untuk kader IPNU dan IPPNU.

 

"Ucapan terimakasih saya sampaikan mewakili pengurus PC IPNU dan IPPNU Cilacap, kepada LAZISNU Cilacap atas kerjasamanya sehingga beasiswa tahfidz millenial anggota IPPNU dan IPNU dapat terealisasi. Tak lupa saya haturkan terimakasih dan salam takdzim kami kepada Ketua RMINU Cilacap KH Asif Dahri, Semoga senantiasa diberi kesehatan aamiin," ucap Neni.

 

Kontributor: Naeli Rokhmah
​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×