Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Enam Acara Berkahkan Harlah Fatayat NU Mimika

Enam Acara Berkahkan Harlah Fatayat NU Mimika
Peringatan hari lahir ke-72 Fatayat NU di Mimika Papua, Ahad (24/4/2022). (Foto: istimewa)
Peringatan hari lahir ke-72 Fatayat NU di Mimika Papua, Ahad (24/4/2022). (Foto: istimewa)

Mimika, NU Online

Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mengisi peringatan hari lahir Fatayat NU dengan berbagai kegiatan pada Ahad (24/4/2022) di Kantor PCNU Mimika.


Ketua Fatayat NU Mimika, Ernik Susanti mengatakan bahwa Harlah ke-72 Fatayat NU yang bertepatan jatuh di dalam bulan Ramadhan ternyata membawa keberkahan. Ia bersyukur karena acara dapat berjalan baik meskipun persiapan yang cukup singkat.


"Mohon maaf persiapan acara terkesan mendadak mengingat kesibukan masing-masing dalam mengisi Ramadhan dengan bermacam-macam kegiatannya," urai Ketua PC Fatayat NU Mimika, Ernik Susanti dalam rilis yang diterima NU Online.


Menurut dia, dalam momen Ramadhan ini acara dikemas padat sehingga waktu berbuka sudah selesai. "Ada 6 acara yang kami gelar dalam rangka harlah Fatayat NU Mimika, yaitu khatmil Qur'an, Istighotsah, santunan yatim, bagi-bagi takjil, tahlil muassis Fatayat NU, dan buka bersama," jelasnya.


Untuk paket santunan diberikan kepada sekitar 40 orang yang berasal dari berbagai ranting. "Isi paket berupa mie 1 karton, telur 1 rak, 1 roti kaleng, amplop 100.000, dan beras 5 kg," katanya lebih lanjut.


Sementara itu, dalam sambutannya Ketua PCNU Mimika Imam Mawardi merasa senang bahwa banom di lingkungan NU Mimika sudah bangkit.


"Kami senang bahwa tema harlah Fatayat NU Bangkut Bersama, Berdaya Bersama, benar-benar dilakukan Fatayat NU Mimika walaupun belum genap setahun Konfercab PC Fatayat NU Mimika. Jumlah Pimpinan Ranting hingga 17 ini menjadi buktinya. Kami PCNU merasa malu belum bisa membentuk Ranting NU di kelurahan dan kampung seperti PC Fatayat NU Mimika," ujarnya.


Kolaborasi dengan AMM

Pada acara berbagi takjil dilaksanakan bersama Ahbabul Musthofa Mimika (AMM), sebuah grup shalawat pecinta Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf Solo. Berbagi takjil dilakukan di jalan raya sekitar Kantor PCNU Mimika.


"Bagi takjil memang menjadi program AMM di bulan puasa ini. Kegiatan ini untuk melatih personel AMM menjalankan suatu kegiatan, belajar mengambil tanggung jawab, dan mengisi Ramadhan," urai salah satu Pembina AMM, Sugiarso.


Dikatakannya bahwa bagi-bagi takjil dilakukan tiap hari Ahad sore dan pada Ahad tersebut adalah kali ketiga selama Ramadhan ini. "Alhamdulillah edisi ketiga ini menu takjil disumbang oleh Ketua PC Fatayat NU Mimika, Ernik Susanti. Juga sumbangan dari Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Kampung Kadun Jaya, dan sedekah yang lain," urainya.


Ia menjelaskan saat pembagian takjil sebenarnya tengah turun hujan deras. Pada saat kehujanan sambil bershalawat ketika pembagian takjil berlangsung, mereka pun sedikit kalang kabut.


"Secara tak terduga pemilik toko yang posisinya paling dekat dengan kami bersholawat memanggil kami, membukakan pintu dan meminta kami bershalawat di dalam tokonya. Ini benar-benar berkah," kata Koordinator AMM dari Masjid Al Ikhlas Kampung Wanagon, Ricky Reisyah.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×