Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kakanwil Kemenag Jateng Sebut Porsadin untuk Lahirkan Atlit Santri

Kakanwil Kemenag Jateng Sebut Porsadin untuk Lahirkan Atlit Santri
Kabupaten Demak raih Juara Umum Porsadin Ke-5 tingkat Jateng
Kabupaten Demak raih Juara Umum Porsadin Ke-5 tingkat Jateng
Demak, NU Online
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) provinsi Jawa Tengah H Farchani menyampaikan, kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Madrasah Diniyah (Porsadin) dapat menumbuhkan potensi santri atau peserta didik menjadi altit di lembaga Madrasah Diniyah dan Pesantren.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menggali potensi santri di bidang olahraga dan seni," ujarnya.

Hal itu disampaikan saat dirinya membuka Porsadin Ke-5 tahun 2019 yang berlangsung di Kabupaten Demak Jawa Tengah, Ahad (7/7). Menurutnya, melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat terwujud kerja sama berbagai pihak dalam membangun sinergi dan ikatan silturahim antar Madrasah Diniyah.

“Selain itu, sekaligus juga untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat yang melekat pada diri santri Madrasah Diniyah Takmiliyah,” ujar Farhani.

Dengan demikian, lanjutnya, harapan untuk meningkatkan peran, fungsi dan posisi organisasi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) sebagai wadah ikatan silaturahim Madrasah Diniyah Takmiliyah dapat terealisasi.

Dia menambahkan, Porsadin kelima tingkat Jateng yang digelar di Kabupaten Demak yang diikuti sebanyak 1.715 peserta dengan komposisi masing-masing Kabupaten/Kota mengirimkan 49 peserta ini sangat luar biasa, kegiatan ini meningkatkan sangat para pengelola Madin dalam mendidik anak bangsa di bidang keagamaan.

Madrasah Diniyah Takmiliyah, tutur Farhani, berperan sangat penting dalam membangun karakter bangsa. Madin sebagai lembaga pendidikan keagamaan islam mampu untuk mempertahankan eksistentisinya di tengah kemajemukan dalam membangun sinergi dan keakraban antar Madrasah Diniyah Takmiliyah.  

Dalam rilis yang diterima NU Online, Kamis (10/7) disebutkan, kontingan Kabupaten Demak berhasil meraih juara umum Porsadin Ke-5. Kegiatan penutupan Porsadin ke- 5 dilaksanakan di gedung IPHI Demak, Selasa (9/7).

Plt Kepala Kemenag Demak H Muhaimin selaku Ketua Panitia melaporkan semua cabang olahraga dan seni yang diperlombakan telah diselesaikan dengan baik, lancar, sportif, toleran dan damai tanpa ada hambatan. Porsadin ke- 5 memperebutkan 24 tropy dari 3 cabang olahraga dengan 102 Tropy dari 9 cabang seni.

Kegiatan ini diharapkan santriwan-santriwati dapat meningkatkan prestasi sekaligus dapat memberikan motivasi terhadap teman-temannya yang belum berhasil untuk mengantarnya pada prestasi yang lebih tinggi di masa mendatang, serta dapat mewujudkan visi Porsadin Ke-5 yaitu Bersama Madrasah Diniyah Membangun Generasi Islam Nusantara. (Red: Muiz)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×