Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kantor Cabang BMT Artha Buana Kalirejo Lampung Tengah Resmi Dibuka

Kantor Cabang BMT Artha Buana Kalirejo Lampung Tengah Resmi Dibuka
Kantor Cabang KSPPS BMT Artha Buana Kalirejo, Lampung Tengah. (Foto: NU Online/Akhmad Syarief Kurniawan)
Kantor Cabang KSPPS BMT Artha Buana Kalirejo, Lampung Tengah. (Foto: NU Online/Akhmad Syarief Kurniawan)
Lampung Tengah, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Metro, Provinsi Lampung meresmikan pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari'ah (KSPPS) Baitul Mal wat Tamwil (BMT) Artha Buana Metro, Jumat (5/3) pagi. Koperasi ini berada di wilayah Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah.
 
Grand opening Kantor Cabang KSPPS BMT Artha Buana Metro dilaksanakan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.
 
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Tengah, Mahmuri menggunakan, KSPPS BMT Artha Buana berdiri di tengah suasana masih pandemi. Tentu, kata dia, sejumlah perlu terus berikhtiar semaksimal mungkin, agar koperasi tersebut terus eksis.
 
"Pengurus dan pengelola koperasi harus selalu berinovasi dan menjaga profesionalitas dalam menjalankan pengelolaan KSPPS BMT Artha Buana Kota Metro di tengah kondisi pandemi dan persaingan bisnis yang sangat ketat," ujarnya.
 
Kendati demikian, dirinya percaya para pengelola sudah memiliki bekal yang cukup dalam menjalankan koperasi secara profesional. "Saya optimis BMT Artha Buana Kota Metro akan mampu bertahan dan berkembang karena secara kelembagaan bernaung di bawah organisasi besar Nahdlatul Ulama," tambahnya.
 
Sementara itu, salah satu PCNU Kota Metro, H Rudi Hartono menyampaikan, KSPPS BMT Artha Buana Kota Metro sendiri didirikan atas prakarsa Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kota Metro di bawah koordinasi PCNU Kota Metro pada Januari 2013 lalu. Tepat saat Harlah NU ke-87 lalu koperasi itu telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan.
 
"Dengan pendirian BMT ini dapat menopang kemandirian jamiyah NU dalam bidang ekonomi dan pembiayaan organisasi. Genap Sewindu (8 Tahun) BMT Artha Buana Kota Metro telah memberikan 20% SHU sebelum dibagi sebesar Rp1.200.570.673, dan sektor dana sosial sebesar Rp240.114.034 yang digunakan untuk membiayai pengembangan pendidikan NU, kaderisasi, dan kegiatan NU lainnya," tambahnya.
 
Menurutnya, peluncuran Kantor Cabang KSPPS BMT Artha Kota Metro ini merupakan salah satu ikhtiar meneladani para muassis NU dalam menggerakkan ekonomi umat. 
 
Sebagaimana diketahui, imbuhnya, tahun 1918 slam, KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahab Chasbullah mendirikan Nahdlatut Tujjar sebagai bentuk gerakan kemandirian ekonomi organisasi. 
 
"Saat ini kita juga melakukan hal yang sama melalui lembaga keuangan BMT Artha Buana Metro," tegasnya.
 
Ketua Pengurus KSPPS BMT Artha Kota Metro, H Subandi menambahkan, sebagai bentuk komitmen terhadap masyarakat khsusunya warga NU di wilayah Kecamatan Kalirejo, BMT Artha Buana Kota Metro akan menyerahkan seluruh dana infak dan sosial yang diperoleh kepada Pengurus MWCNU, Lembaga NU, dan badan otonom (Banom) NU di Kecamatan Kalirejo.
 
"Kami sangat mengharapkan dukungan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kalirejo khususnya warga dan pengurus NU, dan sebagai bentuk kontribusi kami akan menyerahkan semua dana infak dan sosial yang kami peroleh untuk pengurus MWCNU atau pengurus Banom NU di tingkat Kecamatan Kalirejo," tutupnya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Ketua STAI Al Ma'arif Kalirejo Sungkowo, Pengasuh Pesantrean Al Ihya' Kalirejo KH Hamid Al Asna, Pengurus MWCNU Kecamatan Kalirejo, Banom NU, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di sekitar Kecamatan Kalirejo. Hadir juga dewan pengawas dan pengurus KSPPS BMT Artha Buana Kota Metro.
 
Kontributor: Akhmad Syarief Kurniawan
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×