Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LAZISNU Rembang Salurkan Bantuan ke Pesantren Ash-Shiddiiqiyyah Dadapan

LAZISNU Rembang Salurkan Bantuan ke Pesantren Ash-Shiddiiqiyyah Dadapan
Penyerahan bantuan NU Care-LAZISNU Rembang ke Pesantren Ashidiqiyah Dadapan. (Foto: M Ronji)
Penyerahan bantuan NU Care-LAZISNU Rembang ke Pesantren Ashidiqiyah Dadapan. (Foto: M Ronji)

Rembang, NU Online

NU Care-LAZISNU Rembang, Jawa Tengah menyelenggarakan bakti sosial berupa pembagian bantuan kepada Pondok Pesantren Roudlotun Nasyiin Ash-Shiddiiqiyyah Desa Dadapan, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Penyaluran baksos tersebut dengan mentaati anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (13/6) sore.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Rembang, M Naf’an Fuadi mengatakan acara tersebut sebagai bentuk Nahdlatul Ulama Peduli terhadap warga lain yang kurang beruntung. Selain itu, sebagai ajang memperkuat silaturahmi dan wadah untuk tetap belajar.

 

Ia juga mengatakan di Pondok Pesantren Roudlotun Nasyiin Ash-Shiddiiqiyyah ada beberapa santri mukim dengan keterbelakangan mental dan berkebutuhan khusus.

 

"Kita melakukan ini sebagai langkah awal yang semua orang bisa melakukannya karena saya yakin orang baik itu banyak sekali di dunia ini. Namun ada yang kesulitan cara mentasarufkan kelebihan hartanya untuk sesama. Semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi contoh meskipun dalam situasi sulit," kata M Naf’an Fu’adi.

 

Naf’an sapaan karibnya menjelaskan di tengah bencana wabah Covid-19, NU Peduli melakukan langkah konkret sebagai aksi nyata saling bermanfaat untuk sesama.     

 

"Kami menyalurkan sedikit bantuan berupa 250 kilogram beras. Di samping itu juga ada sedikit gula, dan Al-Qur’an sebanyak 25 mushaf," jelasnya.


Sementara, Pesantren RN ASA Muhammad Abadi mengatakan rasa terimakasihnya kepada NU Care-LAZISNU Rembang. Menurutnya, bakti sosial yang dilakukan NU Care-LAZISNU sangat membantu pesantren.


"Alhamdulillah hari ini NU Care-LAZISNU Rembang mengadakan bakti sosial ke pesantren kami. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada NU Care-LAZISNU Rembang yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan kami selama ini," kata Muhamad Abadi di Komplek Pesantren RN ASA Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

 

Ia menyebutkan akan menerima bantuan dari pihak manapun yang memang tujuannya membantu operasional pesantren. Selama ini, kata dia, pihak pesantren sering menerima baksos dari asosiasi gereja-gereja di Kabupaten Rembang.

 

"Donatur dari mana pun mereka yang memang tujuannya untuk membantu oprasional pondok, kami tidak bisa menolak," jelasnya.


Apa yang sudah diterima lembaga sosial dan pesantren, Naf'an berharap bisa bermanfaat khususnya pada santri yang memiliki keterbelakangan khusus. Hal tersebut selanjutnya dapat menjadi contoh orang-orang di luar yang terketuk hatinya untuk menyalurkan bantuan bagi sesama.  

 

"Secara internal semoga NU terus bermanfaat, karen akepedulian itu adalah ajaran dari Rasulullah SAW dan NU mengawal betul apa  yang menjadi ajaran-ajaran Rasul untuk selalu ingat  kepada orang yang membutuhkan. Semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi pemahaman bahwa kawan-kawan itu tidak sendirian, masih ada orang-orang di luar sana yang peduli," harapnya.

 

Kontributor: Mochamad Ronji

Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×