Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Lewat Gerakan Sedekah dan Dakwah, PWNU Sumut Bagikan Beras ke Kaum Dhuafa

Lewat Gerakan Sedekah dan Dakwah, PWNU Sumut Bagikan Beras ke Kaum Dhuafa
Medan, NU Online
Selama bulan Ramadhan 1438 H, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara (Sumut) melalui Gerakan Sedekah dan Dakwah (Gaswah)-nya melakukan Safari Ramadhan ke masjid-masjid di daerah tersebut. Dalam setiap kunjungan, PWNU Sumut menyalurkan bantuan beras yang dihimpun lewat Gaswah kepada kaum dhuafa.

Ketua Gaswah NU Sumut H Khairuddin Hutasuhut Kamis (15/6) mengatakan, selama kunjungan Gaswah NU Sumut, baik sebelum maupun pada bulan Ramadhan ini, ternyata masih banyak masyarakat butuh bantuan dan selama ini belum mendapatkan perhatian pemerintah.

"Banyak masyarakat miskin yang belum tersentuh dengan berbagai program pemerintah. Hal ini dikarenakan persoalan administrasi kependudukan sehingga saat Tim Gaswah PWNU Sumut turun langsung mendapat sambutan haru dari penerima bantuan," ujar Khairuddin.

Disebutkan, tak jarang penerima bantuan menangis, dan merasa terharu karena mereka merasa masih ada yang memperhatikan. Karenanya PWNU lewat Gaswah-nya akan terus menyalurkan bantuan beras hingga ke kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Selama Ramadhan, Gaswah sudah menyalurkan satu ton lebih beras kepada kaum dhuafa. Penyaluran dilakukan di masjid-masjid yang dikunjungi Tim Safari Gaswah bersama PWNU Sumut.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan Gaswah, diisi  tausiah  oleh ustadz-ustadz dari PWNU Sumut di antaranya Ustadz H Hamdan Yazid, Ustadz H Sariman Alfaruq, dan Sori Monang Rangkuti, Ketua Lembaga Dakwah NU Sumut.

Dalam waktu dekat, PWNU Sumut bersama Tim Gaswah akan melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Islamiyah Simpang Selayang, dan Masjid Nurul Rubiah di Desa Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.

Ditambahkan Khairuddin, aktivitas Gaswah terus berkesinambungan setiap bulan. Beras yang disalurkan merupakan hasil sedekah umat Islam dan pengurus NU. 

"Walapun jumlahnya tidak seberapa tapi bantuan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Khairuddin Hutasuhut, seraya mengajak umat Islam dan warga Nahdliyin untuk menyalurkan sedekahnya berupa beras melalui Gaswah Sumut, mulai porsi kecil hingga besar.

Bagi masyarakat yang ingin bersedekah bisa menyampaikannya ke sekretariat  Gaswah di kantor PWNU Sumut di Jalan Sei Batanghari Nomor 52 Medan, telepon 061-4536120. Panitia juga bersedia menjemput sedekah beras ke alamat pemberi.

Ketua Tanfidziah PWNU Sumut H Afifuddin Lubis yang selalu hadir dalam kegiatan Gaswah mengatakan, apa yang dilakukan Gaswah patut diapresiasi dan didukung oleh seluruh warga Nahdliyin. Apalagi kegiatannya sangat menyentuh masyarakat akar rumput.

"Mari kita dukung gerakan Gaswah NU Sumut sehingga  warga miskin di Sumatera Utara dapat terbantu," ujar Afifuddin.

Di sela-sela kegiatan juga dilakukan sosialisasi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (Unusa), yakni lembaga pendidikan perguruan tinggi yang dibentuk dan didirikan oleh PWNU Sumut. (Hamdani Nasution/Mukafi Niam)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×