Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Madrasah Hebat Bermartabat Harus Bisa Dibuktikan

Madrasah Hebat Bermartabat Harus Bisa Dibuktikan
Madrasah Hebat Bermartabat (Foto: Ist.)
Madrasah Hebat Bermartabat (Foto: Ist.)
Tanggamus, NU Online
Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, H Hasan Basri mendorong madrasah di daerahnya untuk terus berusaha mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat sesuai dengan jargon madrasah di Kementerian Agama. Usaha ini bisa dibuktikan dengan memberi perhatian khusus terhadap prestasi dan akhlak yang terpuji dari seluruh warga madrasah.

“Kami dari Kantor Kementerian Agama selalu mendorong siswa-siswi madrasah untuk dapat menunjukkan prestasi mulai dari lingkup apapun, baik lingkup desa, kecamatan maupun kabupaten, syukur kalau dapat berprestasi di tingkat lebih tinggi. Ini diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan diri warga madrasah bahwa madrasah tidak kalah dengan sekolah bahkan bisa lebih baik. Dan prestasi merupakan ajang promosi gratis bagi madrasah,” ungkapnya, Senin (29/10).

Madrasah juga lanjutnya, harus mendorong siswa-siswi madrasah untuk aktif dan kreatif. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi efek negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan, terutama perkembangan teknologi informasi.

"Dengan menyediakan berbagai wadah kegiatan positif di madrasah diharapkan para siswa dapat meningkatkan aktifitas dan kreatifitasnya melalui pemanfaatan teknologi informasi," tambahnya.

Ia menyontohkan, jika madrasah sudah menyiapkan wadah kegiatan olah raga dan seni, dan mendorong siswa-siswi berprestasi, maka teknologi komunikasi dapat dimanfaatkan siswa untuk mencari bentuk-bentuk kreatif untuk mencapai prestasi terbaik di bidang olah raga dan seni.

Hal ini diungkapkannya merespon prestasi yang terus diukir oleh salah satu madrasah swasta favorit di Kabupaten Tanggamus yakni Madrasah Aliyah Al-Ma'ruf Margodadi. Prestasi terbaru madrasah ini adalah menjadi juara I Lomba Tari Kreasi Nusantara Tingkat SMA Se-Provinsi Lampung pada 22 Oktober 2018 lalu.

Hasan menyampaikan apresiasinya kepada MA Al-Ma'ruf Margodadi yang mampu menjadi contoh nyata dengan menunjukkan prestasi di berbagai level. Ini merupakan hasil dari perhatian elemen madrasah terhadap potensi yang dimiliki siswa madrasahnya.

"Selamat dan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas usaha yang dilakukan Kepala MA Al-Ma’ruf, pelatih dan koreografer, siswa-siswi peserta lomba tari dan seluruh warga MA Al-Ma’ruf sehingga madrasah dapat menunjukkan prestasi terbaik," ujarnya.

Sementara itu menurut Kepala MA Al-Ma’ruf, Muhammad Ghufron, prestasi yang diraih anak didiknya memang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Raihan prestasi ini jelasnya menjadi kebahagiaan siwa-siswi MA Al-Ma’ruf yang tergabung dan terus berlatih dalam Sanggar Saktah MA Al Ma'ruf Margodadi dibawah asuhannya.

Sanggar Saktah merupakan kawah candra dimuka bagi siswa-siswi madrasah yang didirikan oleh tokoh NU Kecamatan Sumberejo, KH Ma’ruf. Dalam sanggar ini, pelajar yang memiliki bakat dalam dunia seni, digembleng untuk memperdalam pengetahuan dan pengalaman diantara dibidang drama, tari dan sejenisnya. Sanggar Saktah telah banyak mengukir prestasi dan mengharumkan madrasah yang telah berdiri sejak 1994 ini. (Muhammad Faizin)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×