Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Menilik Geliat Usaha Pelajar NU di Arena Kongres

Menilik Geliat Usaha Pelajar NU di Arena Kongres
Aneka usaha pelajar NU di stand Kongres IPNU-IPPNU
Aneka usaha pelajar NU di stand Kongres IPNU-IPPNU
Cirebon, NU Online
Ada puluhan stand yang menjajakan jualannya di arena Kongres XIX Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Kongres XVIII Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang berlangsung di Pesantren KH Aqil Siroj (KHAS) Kempek, Cirebon, Jawa Barat.

Lebih dari 10 di antaranya adalah stand pimpinan cabang (PC) dan wilayah (PW) IPNU-IPPNU. Mereka menjual berbagai pernak-pernik kongres, cenderamata IPNU-IPPNU, pakaian seragam, hingga kopi, dan camilan.

Ketua PC IPNU Kabupaten Pemalang Ahmad Syifa menuturkan bahwa kepengurusan IPNU dan IPPNU Pemalang merintis Waroeng Pelajar dan Santri (WPS). Usaha mandiri organisasi itu saban bulan membuat 100 jas IPNU dan IPPNU untuk didistribusikan ke cabang-cabang yang membutuhkan.

"Pangsa pasar kita juga sudah merambah ke luar Jawa. Sumatera dan Sulawesi terbanyak," katanya saat ditemui NU Online pada Ahad (23/12)

Selain menyediakan jas, Syifa juga menerima pesanan pakaian dinas harian (PDH), bendera, dan peci IPNU sesuai pesanan yang diinginkan.

Sementara itu, Ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan sedang merintis usaha sarung dan batik. Ia menuturkan, dalam jangka waktu dua bulan ini, ia telah mencetak 1000 helai batik IPNU dan IPPNU.

Lain lagi dengan PC IPNU IPPNU Kota Batu, Jawa Timur. Ia menyediakan buah apel dengan berbagai olahannya. Batu memang dikenal sebagai kota apel.

Selain tiga PC tersebut, ada juga dari PC IPNU-IPPNU Kabupaten Kendal, PC IPNU-IPPNU Kota Cirebon, PC IPNU-IPPNU Kota Pekalongan, PC IPNU-IPPNU Kota Tegal, PC IPNU-IPPNU Kabupaten Banyumas, PC IPPNU Banyuwangi, PW IPPNU Jawa Tengah, dan PW IPNU-IPPNU Yogyakarta. (Syakir NF/Muiz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×