Home Lapsus Warta Fragmen Quran New Keislaman Ramadhan Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Khutbah Cerpen Ubudiyah Daerah Sirah Nabawiyah Seni Budaya Internasional Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Polres Lumajang Uji Kendaraan dan Periksa Sopir Rombongan 1 Abad NU

Polres Lumajang Uji Kendaraan dan Periksa Sopir Rombongan 1 Abad NU
Rapat koordinasi bersama PCNU, Kemenag, Kodim, serta MWCNU di Kantor Kemenag Lumajang, Rabu (01/02/2023). (Foto: NUO/Sufyan Arif)​​​​​​​
Rapat koordinasi bersama PCNU, Kemenag, Kodim, serta MWCNU di Kantor Kemenag Lumajang, Rabu (01/02/2023). (Foto: NUO/Sufyan Arif)​​​​​​​

Lumajang, NU Online

Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin di berbagai daerah untuk bisa menghadiri resepsi 1 abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (07/02/2023). Sebagai bentuk dukungan, Polres Lumajang bakal melakukan uji kendaraan yang digunakan mengangkut rombongan dan memeriksa kesehatan sopir demi keamanan jamaah.


"Nanti, pada hari Sabtu akan dilakukan uji kendaraan. Nanti juga ada pemeriksaan kesehatan sopir, periksa tensi dan lainnya. Dan juga nanti ada briefing untuk sopir karena ini nanti dikawal, kecepatannya bagaimana dan lainnya," kata Kapolres Lumajang,  AKBP Boy Jaksen Situmorang, Rabu (01/02/2023).


Penegasan tersebut disampaikan saat rapat koordinasi bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Kementerian Agama (Kemenag), Kodim Lumajang serta pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul (MWCNU) se-Lumajang. Kegiatan dipusatkan di Kantor Kemenag Lumajang.​​​​​​​


AKBP Boy menginstruksikan langsung kepada jajarannya. Yakni usai rapat koordinasi tersebut segera melakukan pendataan dan kendaraan berikut sejumlah sopir atau pengemudinya. Dirinya mengatakan, apa yang dilakukan sebagai pertaruhan besar kepolisian untuk bisa mengawal dan menjamin keamanan dan kenyamanan jamaah yang hadir di resepsi 1 abad NU. Maka, semaksimal mungkin dirinya terus melakukan koordinasi untuk teknis keberangkatan dan kepulangan rombongan. 


"Kemarin kita data yang kita terima ada 4 ribu entah sekarang mungkin lebih,” katanya.

 

Dikemukakan bahwa yang dilakukan untuk memastikan semua potensi yang ada mengawal dan menjaga masyarakat Lumajang yang akan berangkat. Demikian pula menyiapkan tim medis dan ambulans, serta ada anggota polisi di setiap bus yang ada.


“Sehingga rombongan merasa aman, zona insiden yaitu tidak adanya kendala di lapangan," imbuhnya.


Sementara itu, koordinator rombongan PCNU Lumajang, Akhmed Salahudin menjelaskan bahwa data yang masuk hingga berita ditulis, ada 4420 Nahdliyin yang bakal berangkat di resepsi 1 abad NU. Mereka akan diangkut dengan 22 bus besar, 6 bus mini, dan100 lebih kendaraan panjang.


"Namun yang konfirmasi berangkat bersama hanya 1300 jamaah,” ungkapnya.


Rinciannya adalah 14 bus besar, 4 bus mini, puluhan kendaraan panjang, dengan total 55 kendaraan. Mereka melakukan patungan sendiri untuk berangkat, sehingga keberangkatannya suka rela.

 

Penulis: Sufyan Arif

Editor: Syaifullah Ibnu Nawawi​​​​​​​



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×