Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Puasa Ramadhan Beda dengan Empat Rukun Islam Lainnya

Puasa Ramadhan Beda dengan Empat Rukun Islam Lainnya
Ustadz Ahmad Zamakhsyari
Ustadz Ahmad Zamakhsyari
Bekasi, NU Online
Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu hal yang menarik untuk dikaji. Sebab, hanya ibadah yang dilakukan selama sebulan penuh ini yang berbeda dari keempat rukun Islam lainnya. 

Demikian diungkapkan Intelektual Muda NU Kota Bekasi, Ustadz Ahmad Zamakhsyari, saat ditemui NU Online di Islamic Center KH Noer Ali, Bekasi, Sabtu (19/5).

"Ibadah puasa ini bukan semata mengerjakan seperti shalat, menunaikan seperti zakat, dan melaksanakan seperti haji ke Baitullah," ujarnya. 

Dikatakan, ibadah puasa Ramadhan adalah satu kewajiban bagi umat Islam untuk dilaksanakan dengan meninggalkan sesuatu yang semua diperbolehkan. Seperti makan, minum, dan hubungan biologis.

"Sehingga puasa Ramadhan menjadi salah satu ibadah yang sangat spesial bagi seluruh umat Islam di dunia. Perbedaan dengan ibadah-ibadah yang lain adalah soal ganjaran yang diberikan," jelas Ahmad. 

Lebih lanjut dijelaskan, kalau seperti shalat, zakat, haji, semua manfaatnya jelas ada semua. Ganjarannya pun jelas. Tapi kalau puasa karena memang sifatnya adalah meninggalkan, maka imbalan atau pahalanya diserahkan kepada Allah.

Dosen Bahasa Arab, Mantiq, dan Balaghah di Marhalah Al-Ulya Annida Al-Islamy Bekasi ini melanjutkan bahwa semua perbuatan amaliyah manusia akan dilipatgandakan pahalanya. Seperti misalnya satu kebaikan akan dibalas dengan 10 ganjaran. Bahkan, hingga 700 kali lipat. Namun, berbeda halnya ibadah puasa Ramadhan. 

"Maka, Allah katakan bahwa puasa itu untukku dan aku yang nanti akan membalasnya. Dengan demikian, ini menjadi sebuah ibadah yang harus hati-hati dalam menjalankannya," pungkasnya. (Aru Elgete/Muiz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×