Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Relawan NU Lombok Barat Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor

Relawan NU Lombok Barat Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor
Penyerahan bantuan dari relawan NU Lombok Barat. (Foto: NU Online/Achief Ridho)
Penyerahan bantuan dari relawan NU Lombok Barat. (Foto: NU Online/Achief Ridho)

Lombok Barat, NU Online
Setelah menyisir Kecamatan Batu Layar dan Gunungsari, tim relawan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lombok Barat yang dikoordinasi NU Care-LAZISNU Lombok Baratbdan dan PC Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Lombok Barat meninjau langsung lokasi banjir dan longsor yang melanda beberapa wilayah di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Tim juga sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar.


Lokasi terdampak yang disambangi berada di RT Sagap, Dusun Kombang, Desa Buwun Mas, Dusun Madak, Desa Cendi Manik, Dusun Medang, Desa Sekotong Barat, dan Desa Pelangan.


Hamroni, Wakil Ketua PCNU Lombok Barat mengatakan, para relawan turun dengan sigap membagikan beragam kebutuhan warga terdampak, meskipun diguyur hujan selama diperjalanan hingga lokasi bencana. 


"Insyaallah ini akan menjadi amal baik kita semua," ungkapnya semangat, Sabtu (11/12/2021).


Dikonfirmasi di sela-sela mempersiapkan keperluan relawan. Ketua NU Care-LAZISNU Lombok Barat, Moh Ishlahuddin mengatakan, bantuan yang diberikan ke korban meliputi beras, minyak goreng, gula, roti, mi instan, air mineral, dan kebutuhan lainnya seperti pembalut, dan pakaian layak dari para dobatur.


Pantauan Pengurus LPBI Lombok Barat, Mustar, yang ikut ke lokasi bahwa penyebab musibah ini kareha intensitas curah hujan yang terus mengguyur hampir seluruh kabupaten dan kota se-Pulau Lombok sejak Ahad (5/12/2021).


Bahkan diprediksi puncak curah hujan akan terjadi akhir Desember 2021 hingga awal Januari 2022.


Berdasarkan perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika, tingginya curah hujan ini akan menyebabkan terjadinya sejumlah bencana seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang.


Oleh karenanya diimbau agar masyarakat tetap siaga menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.


Kepala Desa Buwun Mas, Rohidi, yang ditemui di lokasi pengungsian warga terdampak tanah longsong di Dusun Kombang, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong melaporkan, terdapat 16 KK, 2 unit rumah, 3 orang luka-luka akibat tanah longsor yang terjadi pada Ahad (5/12/2021) lalu. 


Dalam kesempatan itu pula, dia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PCNU Lombok Barat untuk warganya.


Hal senada juga disampaikan oleh Camat Sekotong yang bersama-sama hadir ke lokasi bencana. Tampak pula pada kesempatan ini, beberapa anggota dewan, Pengurus Rayon Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) Situbondo di Lombok Barat, Rijalul Ansor Lombok Barat, Mejelis Wakil Cabang Nahdlatul (MWCNU) Sekotong, Babinsa, dan Kamtibmas setempat.


Untuk esok harinya relawan PCNU Lombok Barat akan kembali memberi bantuan ke Gelangsar, Kecamatan Gunungsari dan Senteluk, Kecamatan Batu Layar.


Untuk itu bagi warga yang ingin berdonasi, bisa disalurkan lewat NU Care-LAZISNU Lombok Barat ke Rekening 0871155544 an. Amil Zakat dan Shodaah. 


Kontributor: Achief Ridho
Editor: Syamsul Arifin 



Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya