Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sambut Ramadhan, Umbul Pengging Dipadati Pengunjung Padusan

Sambut Ramadhan, Umbul Pengging Dipadati Pengunjung Padusan
Pemandian Umbul Pengging Boyolali ramai jelang Ramadhan
Pemandian Umbul Pengging Boyolali ramai jelang Ramadhan
Boyolali, NU Online
Beragam cara masyarakat menyambut datangnya bulan Ramadhan 1440 Hijriyah. Di Boyolali, Jawa Tengah, ratusan warga di kawasan Umbul Tirtomarto Pengging Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Jawa  Tengah melangsungkan tradisi Padusan, Ahad (5/5). Padusan dimulai sejak pagi, setelah dibuka dengan penampilan tari tradisional dan pembacaan doa, padusan pun dimulai. 

Wakil Bupati Boyolali, M Said Hidayat mengatakan bahwa kegiatan padusan merupakan salah satu peninggalan tradisi dari para leluhur yang harus tetap dijaga kelestarian nilai dan budaya yang tersirat penuh makna di dalamnya.

“Wujud bagaimana kita bersama tetap mampu untuk hadir nguri-uri kebudayaan yang asa di Kabupaten Boyolali. Bagaimana kita membersihkan diri jasmani dan rohani, sehingga dapat beribadah sebaik baiknya,” katanya.

Dari pantauan NU Online, ratusan pengunjung yang datang dari berbagai daerah memadati kawasan Umbul Tirtomato, untuk meramaikan acara padusan.

Camat Banyudono, Agus Darmawan mengatakan, ritual padusan tersebut merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya Jawa. Terlebih pihaknya mendorong semua desa untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengoptimalkan potensi yang ada.

"Ingin melestarikan budaya Jawa, mandi di padusan peninggalan raja-raja adalah simbol menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan jiawa dan raga harus bersih, agar ibadahnya khusu' sekaligus nguri uri budaya Jawa, karena terkandung nilai leluhur yang baik," kata dia. (Ajie Najmuddin/Muiz)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×