Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Cerpen Daerah Ubudiyah Internasional Seni Budaya Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Obituari Nikah/Keluarga Ramadhan Pustaka Humor

UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Penulisan Proposal Penelitian dan Disertasi

UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Penulisan Proposal Penelitian dan Disertasi
workshop peningkatan kualitas proposal penelitian dan disertasi. (Foto: Helmi Abu Bakar)
workshop peningkatan kualitas proposal penelitian dan disertasi. (Foto: Helmi Abu Bakar)

Banda Aceh, NU Online
Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar workshop peningkatan kualitas proposal penelitian dan disertasi bagi mahasiswa yang sedang menyusun proposal dan menulis disertasi.

 

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, 16,17, dan 23 Juni 2021 di ruang Direktur Pascasarjana kampus setempat.

 

Wakil Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Mustafa AR saat membuka workshop mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian dan penulisan disertasi bagi mahasiswa program doktor di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

 

"Kualitas proposal sangat penting dalam menyusun sebuah disertasi. Sebab jika proposalnya sudah bagus maka hasilnya di atas 50 persen telah dikerjakan. Oleh karena itu kualitas proposal sangat menentukan," ujarnya.

 

Mustafa menyebutkan bahwa kampus tidak bisa bergantung pada populasi mahasiswa yang tidak mengejar ketertinggalan. Teknis mengejar ketertinggalan tersebut ada pada mutu perguruan tinggi dengan meningkatkan mutu kualitas pada program studi.

 

Menurutnya, salah satu strategi yang dapat dilakukan dengan kegiatan seperti ini. Pimpinan mengapresiasi atas kegiatan ini, karena Program S3 PAI menjadi prodi yang pertama melakukan workshop seperti ini.

 

"Kita yakin bahwa workshop ini akan membuahkan hasil yang melahirkan tulisan, penelitian, artikel dan karya ilmiah yang berkualitas, diharapkan juga dapat mendorong untuk mempercepat penyelesaian studi (riset study). Ini juga sebagai modal semangat dalam meningkatkan proses kualitas proposal dan disertasi oleh para penguji khususnya pada Prodi S3 PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh," ujar Mustafa.

 

Wadir menegaskan kepada peserta yang terpilih mengikuti kegiatan ini agar dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk berdiskusi serius dan fokus. Mahasiswa yang natinya selesai dan bergelar Doktor dituntut untuk profesional dan berkualitas yang diukur pada hasil produktivitas (penelitian) publikasi, serta karya yang kita hasilkan.

 

Sementara itu, Ketua Prodi program Doktor PAI UIN Ar-Raniry, Yusra Jamali, menyebutkan, peserta yang mengikuti workshop ini sebanyak 16 orang. Mereka merupakan mahasiswa program doktor PAI yang sedang melakukan penelitian dan menyusun disertasi.

 

"Peminat yang ingin mengikuti workshop sangat banyak. Namun, hanya 16 orang yang terpilih menjadi peserta berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan," ujarnya.

 

Yusra Jamali mengajak mengajak mahasiswa dalam workshop tersebut agar dapat menyelesaikan studinya tepat waktu, prodi memiliki komitmen idealnya semuanya dapat selesai tepat waktu.

 

Ketua Panitia,  Abd Mujahid Hamdan, mengatakan bahwa workshop dibagi dua kelas, yakni kelas kualitatif dan kuantatif. Peserta nantinya akan diberikan berbagai materi tentang penelitian dan penulisan ilmiah.

 

"Panitia telah mengundang para narasumber, Prof Maragusman Siregar dari UIN Sunan Kalijaga, dan narasumber dari UIN Ar-Raniry antara lain Prof Eka Sri Mulyani, Prof T Zulfikar, Habiburrahim, Zainal Abidin," ujarnya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

 

Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×