Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Jamaah Haji dan Umrah dari Negara Mana yang Paling Banyak Belanja?

Jamaah Haji dan Umrah dari Negara Mana yang Paling Banyak Belanja?
Masjidil Haram (delfi.ee)
Masjidil Haram (delfi.ee)
Makkah, NU Online
Puluhan juta umat Islam di seluruh dunia mengunjungi Makkah dan Madinah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya. Dilaporkan, ada 6 juta visa umrah yang sudah dikeluarkan pemerintah Saudi sepanjang tahun ini. 

Ketika jamaah haji dan umrah dari seluruh dunia mengunjungi Makkah dan Madinah, sudah barang tentu mereka membelanjakan uangnya untuk makanan, oleh-oleh, dan yang lainnya selama berada di sana. 

Lantas, warga negara mana saja yang paling banyak menghabiskan uang di Makkah dan Madinah selama mereka mengerjakan haji dan umrah?

Berdasarkan data dari Kamar Dagang dan Industri Makkah, yang paling banyak mengeluarkan uang untuk belanja selama menunaikan haji dan umrah di Makkah dan Madinah adalah warga Mesir. Kemudian, urutan berikutnya ditempati Irak, Aljazair, dan Turki.

“Seseorang jamaah bisa menghabiskan rata-rata 700 dollar AS atau sekitar Rp 10 juta selama periode 10 hari, yaitu 5 hari di Madinah dan 5 hari di Makkah,” kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Makkah Aziz Awliyaa, dikutip Arabnews, Sabtu (11/5).

Aziz memaparkan, ada hubungan antara kondisi ekonomi negara masing-masing dengan daya beli jamaah haji dan umrah ketika mereka di Makkah dan Madinah.

Sementara, menurut mantan Ketua Komite Nasional untuk Haji dan Umar di Kamar Dagang dan Industri Makkah, setiap jamaah memiliki waktu yang berbeda-beda ketika mereka menunaikan haji dan umrah di Makkah dan Madinah. Misalnya, warga negara India, Bangladesh, dan Pakistan memilih tingga di Saudi selama 30 hari. Warga Mesir hanya 20 hari. Sementara warga Indonesia biasanya hanya 10-15 hari saja. 

“Jamaah ingin membeli barang-barang yang tidak ada di negara mereka," ucapnya. 

Sesuai dengan data Kementerian Haji Saudi, jumlah tertinggi jamaah umrah pada bulan ini berasal dari negara Pakistan (1.353.625), Indonesia (881.459), India (579.443), Mesir (405.750) dan Turki (279.038). (Red: Muchlishon)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×