Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Menilik Tradisi Syawalan di Kota Pekalongan

Menilik Tradisi Syawalan di Kota Pekalongan
Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo potong lopis raksasa di Kota Pekalongan (detik.com)
Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo potong lopis raksasa di Kota Pekalongan (detik.com)

Pekalongan, NU Online Jateng
Syawalan merupakan tradisi masyarakat Kota Pekalongan khususnya masyarakat daerah Krapyak di bagian utara Kota Pekalongan yang dilaksanakan pada setiap hari kedelapan di Hari Raya Idul Fitri. 


Bahkan Syawalan yang jatuh pada 8 Syawal merupakan hari yang sangat istimewa dan selalu ditunggu-tunggu oleh warga. Pasalnya, hari itu merupakan hari berkumpulnya ribuan warga untuk bisa silaturahim dan saling berkunjung untuk menikmati segala hidangan yang disediakan secara gratis. 


Hal paling menarik dalam pelaksanaan tradisi ini adalah dibuatnya Lopis Raksasa yang ukurannya mencapai tinggi 2 meter dengan diameter 1,5 meter dan berat mencapai 225 Kg....

Baca selengkapnya di https://jateng.nu.or.id/regional/menilik-tradisi-syawalan-di-kota-pekalongan-796AQ


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Jateng Lainnya

Terpopuler Jateng

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×