Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

200 Anggota CBP Amankan Kongres XIX IPNU

200 Anggota CBP Amankan Kongres XIX IPNU
Anggota CBP sedang bertugas di Kongres IPNU (berdiri)
Anggota CBP sedang bertugas di Kongres IPNU (berdiri)
Cirebon, NU Online
Pemandangan di arena sidang-sidang pleno maupun komisi Kongres XIX IPNU di Pesantren KH Aqil Siroj (KHAS) Kempek Cirebon tampak berbeda. Seorang berbaju krem berdiri siaga dengan sikap kaki terbuka dan tangan yang disembunyikan di belakang punggungnya berdiri di belakang presidium sidang. 

Orang dengan seragam yang sama, berdiri di beberapa titik yang sudah ditentukan, sementara satu orang berkeliling sembari tak melepaskan walkie talkie.

Merekalah anggota Corp Brigade Pembangunan (CBP) yang bertugas memastikan keamanan Kongres XIX IPNU. Selain yang berbaju krem, beberapa lainnya mengenakan kaos hitam sebagai tanda mereka.

Dewan Komando Nasional (DKN) CBP Dede Rusyadi menyebut, ada 200 anggota CBP yang diterjunkan selama kongres berlangsung. Ratusan pengaman itu berasal dari berbagai daerah, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung. Mereka, lanjutnya, tiba di tempat acara sehari sebelum acara berlangsung.

"Kamis mereka sudah di sini untuk koordinasi dan melakukan simulasi pengamanan di tempat berlangsungnya sidang," katanya kepada NU Online di sela-sela kesibukannya berkoordinasi dengan koordinator lapangan di Pesantren KHAS, Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (25/12) dinihari.

Selain memastikan arena kongres aman dari kegaduhan, para anggota CBP ini juga bertugas memverifikasi para peserta yang masuk di tempat sidang. Setiap kali kader IPNU ingin masuk, selalu ditanya kartu tanda kepesertaannya. Mereka juga memeriksa bawang baraan para peserta. Bahkan tak segan melarangnya masuk jika kartu tidak berkartu.

Karena membutuhkan fisik yang prima dalam bertugas, Derus, sapaan akrab DKN CBP, mengatakan bahwa mereka bertugas secara bergantian sesuai jadwal yang ditentukan. Hal itu mengingat kegiatan yang kerap kali melebihi jadwal.

Sebagai ruang kepanduan dan badan otonom IPNU, CBP memiliki jalur kaderisasi tersendiri guna melatih mental dan fisik mereka. Dalam keadaan tertentu, mereka siap diterjunkan untuk tanggap bencana. Mereka juga dibantu oleh Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan tim keamanan Pesantren KHAS Kempek. (Syakir NF/Muiz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×