Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

5000 Peserta Meriahkan MTQN ke XXIV di Ambon

5000 Peserta Meriahkan MTQN ke XXIV di Ambon

Jakarta, NU Online
Sekitar 5.000 peserta dari penjuru tanah air akan memeriahkan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional XXIV di kota Ambon, Maluku. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan akan membuka MTQ yang berlangsung pada 8-15 Juni mendatang.<>

“Ambon siap melaksanakan MTQ ke XXIV yang berlangsung tanggal 8-15 Juni mendatang, baik persiapan fisik tempat pembukaan dan pelaksanaan musabaqah,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali pada jumpa pers di Jakarta, Kamis (31/5).

Menag didampingi Gubernur Provinsi Maluku Karel Albert Ralahalu, Wakil Gubernur Maluku selaku Ketua Panitia S. Assagaff, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suharsono, dan Kapolda Maluku Brigjen Pol. Syarief Gunawan, serta tokoh-tokoh agama propinisi Maluku serta Dirjen Bimas Islam Abdul Jamil dan Irjen Kemenag Suparta.

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu menyatakan, persiapan tengah dilakukan, diharapkan awal Juni rampung 100 persen. “Pada 5 juni kami siap menerima kedatangan peserta. Seluruh masyarakat Maluku sudah menunggu dengan senang hati, kita sukseskan MTQ ini,” ucap Karel.

Karel mengatakan, Pemda Maluku sudah menyiapkan sarana dan prasarana penyelenggaraan MTQ selama dua tahun. “Kita akan melakukan upacara syukuran dan doa bersama seluruh umat beragama. Ungkapan syukur kami setelama 2 tahun melaksanakan persiapan dan siap melaksanakan MTQ,” jelasnya.

Ketua Panitia S. Assagaff mengatakan, pihaknya siap mensukseskan MTQ ini. Kegiatan ini juga memberika gambaran partisipasi dari umat non muslim. “Ini luar biasa beberapa desa Kristen bahkan meminta apabila ada tempat di kota Ambon yang kurang untuk ditempati kafilah kami siap, yang penting panitia menyiapkan tranportasi. Makan minum disediakan mereka,” ungkapnya.

Adapun anggaran untuk penyelenggaran MTQ, Assagaff mengungkapkan, anggaran diperoleh dari APBD sebesar Rp 102 milyar. Adapun dana dari APBN kami baru menerima sekitar Rp 30 milyar, dan diharapkan mendapat tambahan Rp 33 milyar.

Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku Pdt Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Pdt. Dr. John Ruhulesin, atas nama umat beragama di Maluku menyatakan dukungan dan partisipasi umat beragama. “Kami mendukung sepenuhnya suksesnya penyelenggaraan MTQ di Ambon, kami wujudkan dalam berbagai cara seperti berdoa setiap waktu agar MTQ sukses,” kata John.

Selain itu juga melalui sosialisasi kepada seluruh warga jemaat dan umat beragama agar semua merasa memiliki. Serta mulai membangun ketahanan masyarakat, membersihkan lingkungan menata kota Ambon , membangu komunikasi bersama. “MTQ semakin menegaskan sebagai tempat yang damai dan penuh persaudaraan,” tandas John Ruhulesin

Pelaksanaan MTQ XXIV selain terpusat di tiga lokasi yakni gedung Islamic Centre, Tribun Lapangan Merdeka dan lapangan Galunggung, desa Batu Merah, kecamatan Sirimau, juga dilakukan di tujuh lokasi lainnya yang sudah disiapkan panitia penyelenggara.

Jenis lomba yang dipertandingkan meliputi enam cabang yakni Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran dan menulis kandungan Al Quran.

Untuk cabang Tilawatil Quran dibagi enam golongan mata lomba, yakni Tartil Quran anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra dan golongan sabba.

Cabang Hifzil Quran terdiri atas lima jenis lomba, masing-masing 1 (satu) juz dan Tilawah, 5 (lima) juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Cabang Khathil Quran terdiri atas empat jenis lomba, yakni naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kaligrafi kontemporer.



Redaktur : Syaifullah Amin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×