Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gus Bidin Lirboyo Dukung Kongres Pagar Nusa Kondusif 

Gus Bidin Lirboyo Dukung Kongres Pagar Nusa Kondusif 
Sesepuh Pagar Nusa, Gus Badrul Huda Zainal Abidin (bergamis putih). (Foto: istimewa)
Sesepuh Pagar Nusa, Gus Badrul Huda Zainal Abidin (bergamis putih). (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online

Pimpinan Pusat Pagar Nusa menyelenggarakan Kongres IV di Jakarta pada 5-7 Desember 2022 ini. Sesepuh Pagar Nusa, Gus Badrul Huda Zainal Abidin, mendukung agar penyelenggaraan Kongres berlangsung terbit dan kondusif.


Gus Bidin juga mengajak Pimpinan Pusat  Pagar Nusa untuk untuk ziarah ke beberapa makam auliya di Jakarta dan sekitarnya, menjelang Kongres. Tujuannya, agar para pendekar dan kader Pagar Nusa tersambung energi ruhaninya dengan kiai dan habaib. 


Selain itu, Gus Bidin juga menyampaikan pentingnya suasana kondusif pada perhelatan Kongres IV Pagar Nusa.


"Dengan mempertimbangkan situasi perkembangan terkini, biar kondusif dan untuk kemajuan pagar Nusa," ungkap Gus Bidin, Ahad (4/12/2022).


Arahan Gus Bidin ini ditujukan kepada pengurus cabang dan wilayah, serta kader-kader Pagar Nusa yang sedang menghadiri Kongres. 


Gus Bidin merupakan keluarga dari pendiri Pagar Nusa, KH. Maksum Jauhari (Gus Maksum) Lirboyo. Selama ini, Gus Bidin mendukung penuh penguatan Pagar Nusa di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya di sekitar Lirboyo dan Jawa Timur, tapi juga hingga kawasan Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan bahkan luar negeri. 


Dalam tausyiahnya, Gus Bidin menyampaikan dukungan kepada pimpinan Pusat Pagar Nusa untuk melanjutkan tugasnya. Gus Bidin juga mengapresiasi Ketua Umum Pagar Nusa, Gus Muchammad Nabil Haroen untuk melajutkan Khidmah menahkodai Pagar Nusa. 


Ketua Umum Pagar Nusa M. Nabil Haroen menyatakan bahwa Gus Bidin merupakan di antara sosok pendekar dan keluarga Gus Ma’shum yang dihormati kalangan pendekar.


"Gus Bidin itu sosok yang dihormati oleh banyak pendekar. Tidak hanya di Lirboyo dan Jawa Timur, tapi juga bagi pendekar-pendekar di berbagai Kawasan di Indonesia Timur. Beliau juga guru saya yang sering memberi nasihat dan doa untuk kemaslahatan Pagar Nusa," ungkap Gus Nabil.


Kongres IV ini berlangsung di Padepokan TMII Jakarta, dengan melibatkan sekitar 800 peserta dari pengurus Cabang, Wilayah dan PCI. Dari keterangan panitia, peserta Kongres Pagar Nusa dari Kawasan Indonesia Timur dan luar negeri berangkat dari kawasan masing-masing dan mulai tiba pada Ahad (4/12/2022).


Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Umarsyah mengingatkan kepada Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa agar mampu menyusun program kerja yang terencana dan jelas targetnya.


Umarsyah menegaskan, Pagar Nusa merupakan badan otonom NU yang strategis sehingga diharapkan mampu memberikan fokus dalam kebijakan dan program kerja pengurus selama lima tahun ke depan secara nyata. Ia juga meminta Pagar Nusa melakukan pembenahan struktur organisasi dari atas sampai level bawah.


"Yang dibicarakan di Kongres Pagar Nusa yakni kebijakan-kebijakan yang merupakan proses dari sebuah evaluasi besar, dari kinerja pengurus selama lima tahun. Diharapkan proses itu, memberikan output yang riil, tidak ngambang," ungkapnya dalam Pembukaan Kongres IV Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Senin (5/12/2022). 


Umarsyah mengaku cukup puas dengan tema Kongres IV Pagar Nusa yakni Menjura Ke Angkasa, Mengakar ke Bumi, Menjaga Peradaban. Menurutnya, tema ini sangat cocok dengan pesan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.


"Kita harus bisa bermimpi dan sekaligus tahu bagaimana mencapai mimpi itu. Kita diwajibkan untuk menyusun sebuah program kegiatan yang terencana dan jelas targetnya," tegas Umarsyah.


"Tidak boleh lagi ada kegiatan di Pagar Nusa yang tidak masuk akal. Seluruh program kerja, hasil kongres harus yang kita yakini bisa kita lakukan dengan capaian maksimal," tambahnya.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×