Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gus Yusuf Chudlori Paparkan Amalan Shalawat Jibril agar Tidak Telat Uang

Gus Yusuf Chudlori Paparkan Amalan Shalawat Jibril agar Tidak Telat Uang
Tangkap layar Pengasuh Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf)
Tangkap layar Pengasuh Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf)

Jakarta, NU Online

Pengasuh Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengungkapkan bahwa ada banyak jenis shalawat yang bisa disampaikan kepada Nabi Muhammad saw. Ia menyebut di antaranya Shalawat Badar, Shalawat Nariyah, Shalawat Asyghil, Shalawat Tibbil Qulub, Shalawat Adrikni, dan masih banyak yang lainnya.


Jenis shalawat yang menurutnya bisa mencapai ribuan jenis ini memiliki induknya yang bernama Shalawat Jibril. "Bacaan dari induk shalawat ini cukup singkat yakni 'Shallallahu ala Muhammad'," kata Gus Yusuf dalam sebuah video yang diuggah di kanal Youtube-nya, Selasa (30/8/2022).


Induk shalawat ini menurut Gus Yusuf memiliki banyak keutamaan di antaranya bisa menjadi amalan untuk mendatangkan rezeki berupa uang.


Gus Yusuf sendiri mengungkapkan telah mengalami sendiri bagaimana setelah mengamalkan Shalawat Jibril ini, ia senantiasa dikaruniai rezeki berupa uang. Ia mendapatkan ijazah untuk mengamalkan shalawat ini dari KH Anwar Mansur, Pengasuh Pesantren Lirboyo, Jawa Timur saat Gus Yusuf pamit untuk pulang dari pesantren.


"Ketika kamu mau secara istiqamah membaca shalawat ini, semalamnya tidak kurang dari 1.000 kali, hidupmu tidak bakal telat uang," ungkap Gus Yusuf menyampaikan dawuh (perkataan) Kiai Anwar terkait fadhilah atau keutamaan shalawat ini. 


Terkait dengan keutamaan shalawat yang mampu menarik rezeki ini menurut Gus Yusuf, hanya merupakan salah satu dari sekian banyak keberkahan dari mengamalkannya. Rezeki materi menurutnya hanya bagian kecil dari rezeki yang dianugerahkan Allah karena lebih dari itu dengan membaca shalawat hati akan merasa tenang dan terang serta kehidupan menjadi tentram.


"Itu (ketenangan hati) berkah shalawat yang paling pertama," tegasnya.


Gus Yusuf pun menyebutkan alasan sebagian orang menyebut Shalawat Jibril ini sebagai Shalawat Uang. Hal ini karena kecenderungan orang senang dengan uang sehingga agar banyak orang membaca shalawat, maka dinamakan dengan Shalawat Uang.


Shalawat ini pun menurutnya bisa dinamakan sebagai Shalawat Pengantin karena bisa diamalkan agar cepat mendapat jodoh. "Diistiqamahkan dibaca 1.000 kali (setiap hari). Tidak sampai satu minggu sudah ada yang menanyakan," ungkapnya.


Namun, dari semua keutamaan dan keberkahan dari shalawat yang disampaikan kepada Nabi Muhammad saw ini menurut Gus Yusuf adalah harapan agar kita mendapatkan syafaatnya esok di hari kiamat.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×