Home Lapsus Warta Fragmen Quran New Keislaman Ramadhan Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Khutbah Cerpen Ubudiyah Daerah Sirah Nabawiyah Seni Budaya Internasional Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Inilah Para Juara Lomba Dai Daiyah Lembaga Dakwah PBNU

Inilah Para Juara Lomba Dai Daiyah Lembaga Dakwah PBNU
Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU H Nurul Badruttamam saat menyerahkan penghargaan kepada Juara 1 Lomba Dai Daiyah LD PBNU di Pesantren Motivasi Indonesia, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). (Foto: NU Online/Suci)
Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU H Nurul Badruttamam saat menyerahkan penghargaan kepada Juara 1 Lomba Dai Daiyah LD PBNU di Pesantren Motivasi Indonesia, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). (Foto: NU Online/Suci)

Bekasi, NU Online

Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) telah resmi mengumumkan tiga pemenang terbaik dari lomba Dai Daiyah yang digelar secara luring di Pondok Pesantren Motivasi Indonesia, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (17/1/2023) malam. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU).


Adapun tiga dai daiyah terbaik adalah Tita Nur Hayati dan Tuti Alawiyah dari Bandung, Jawa Barat yang meraih juara 1; Juara 2 diraih oleh Zikni Amiruddin dari Jombang, Jawa Timur; dan juara 3 diraih oleh Farhah Nur Choiriyah dari Pemalang, Jawa Tengah.


Sekretaris LD PBNU, H Nurul Badruttamam mengatakan potensi 10 finalis dai daiyah ini luar biasa, apalagi kaula remaja di masa sekarang selama ini  belum banyak dirangkul kalangan NU.


"Dai-daiyah kita ini sangat moderat, santun, tidak saling mencaci maki. Program ini sangat edukatif kami apresiasi kepada panitia yang dari awal sudah menyiapkan program ini dengan baik," ucapnya kepada NU Online.


Pihaknya percaya jika dai daiyah jebolan LD PBNU ini miliki potensi yang tak kalah hebat dari pendakwah lainnya. "Ini baru kulitnya saja sudah kelihatan potensinya apalagi menggali yang ada di pesantren gudangnya muhadlarah dari bahasa Arab dan Inggris," ungkapnya.


Ke depan, terangnya, ini menjadi program Lembaga Dakwah PBNU setiap tahun untuk mencari pendakwah dari kalangan remaja. "Potensi ceramah satu menit itu penting, akan kita siapkan dakwah seperti ini yang tersusun dengan rapi. Dan diklasifikasi sesuai target audiensnya," jelasnya. 


Pihaknya juga berjanji akan membantu memberikan beasiswa kepada 10 finalis dai daiyah 1 abad NU untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3.


"Insyaallah akan dibantu oleh Kementerian Agama dan disosialisasikan juga di event-event kementerian. 10 finalis ini juga mendapat peluang dakwah ke luar negeri selama satu bulan tanpa seleksi," tegasnya.


Perlu diketahui, dari 600 orang total peserta yang mengikuti lomba Dai Daiyah 1 Abad NU yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah PBNU didapat 25 semifinalis. Mereka diseleksi lagi di babak semifinal hingga 10 peserta yang berhak mengikuti grand final.


Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Syakir NF





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×