Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Masuk Bulan Rajab, Berikut Doa yang Dipanjatkan Rasulullah

Masuk Bulan Rajab, Berikut Doa yang Dipanjatkan Rasulullah
Lembaga Falakiyah PBNU mengeluarkan data hilal bulan Rajab 1444 H pada Ahad (22/1/2023) sore ini. Umat Islam dianjurkan membaca doa bulan Rajab (Foto: ilustrasi/dok NU Online)
Lembaga Falakiyah PBNU mengeluarkan data hilal bulan Rajab 1444 H pada Ahad (22/1/2023) sore ini. Umat Islam dianjurkan membaca doa bulan Rajab (Foto: ilustrasi/dok NU Online)

Jakarta, NU Online

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) telah mengeluarkan data hilal dan instruksi rukyatul hilal bulan Rajab 1444 H pada Ahad (22/1/2023) sore ini. Hal ini tertuang dalam Surat LF PBNU Nomor 003/LF-PBNU/I/2023 yang ditandatangani Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa dan Sekretaris LF PBNU H Asmui Mansur pada Sabtu (21/1/2023).


Data tersebut menunjukkan kemungkinan besar hilal terlihat mengingat ketinggian dan elongasi hilal sudah memenuhi imkan rukyah (visibilitas), yakni tinggi +8 derajat 11 menit 28 detik dan elongasi 9 derajat 31 menit 33 detik. Sementara konjungsi atau ijtimak bulan terjadi pada Ahad Pon 22 Januari 2023 pukul 03:54:06 WIB, sedangkan lama hilal terjadi sepanjang 37 menit 06 detik dengan kedudukan hilal berada pada 1 derajat 50 menit 15 detik selatan matahari dalam keadaan miring ke selatan. Data tersebut diperoleh berdasarkan markaz Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, koordinat 6º 11’ 25” LS 106º 50’ 50” BT.


Jika hilal dapat terlihat sore ini, maka mulai malam ini, umat Islam Indonesia telah memasuki bulan Rajab 1444 H. Memasuki bulan ketujuh ini, umat Islam disunnahkan untuk memanjatkan doa yang pernah dipanjatkan Rasulullah saw. Berikut doa memasuki bulan Rajab yang dicontohkan Rasulullah saw sebagaimana dilansir NU Online dalam tulisan Doa Rasulullah Saat Memasuki Bulan Rajab Doa Rasulullah saat Memasuki Bulan Rajab.


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ 

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ


Artinya, "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan." (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).


Umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak puasa di bulan Rajab, tidak hanya menambah intensitas berdzikir dan berdoa. Anjuran ini sebagaimana juga dilakukan pada bulan-bulan haram lainnya, yaitu Zulkadah, Zulhijjah, dan Muharram. Bulan haram adalah sebutan yang merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×