Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Peduli Rancang Bangun Kampung Tangguh Nahdliyin di Banten

NU Peduli Rancang Bangun Kampung Tangguh Nahdliyin di Banten
Ilustrasi: Huntara bagian dari Kampung Nahdliyin
Ilustrasi: Huntara bagian dari Kampung Nahdliyin
Pandeglang, NU Online
NU Peduli Banten merancang pembangunan kampung tangguh Nahdliyin di lokasi terdampak bencana tsunami Selat Sunda di Banten. Upaya itu dilakukan sebagai wujud pengabdian NU untuk masyarakat yang tertimpa bencana.

Wakil Direktur NU Peduli Banten, Lukman Hakim, menjelaskan, masyarakat Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang-Provinsi Banten saat ini masih trauma atas musibah yang dihadapi. Untuk itu, wacana kampung tangguh sebagai solusi dari persoalan tersebut.

“Pendampingan dan pemberdayaan terdampak tsunami cukup dengan tiga bulan, isinya merangsang pertumbuhan kembali ekonomi masyarakat terdampak tsunami, dengan bentuk stimulan. Output-nya adalah kampung Tangguh Nahdliyin,” katanya kepada NU Online, Selasa (29/1).

Ia menjelaskan, hunian yang direncanakan NU Peduli sudah banyak dilakukan oleh kelompok lain untuk itu seharusnya pendampingan NU Peduli tidak dengan rumah hunian. Meski demikian, ia tetap akan menunggu instruksi dari NU Peduli pusat agar semua berjalan sesuai dengan harapan.

“Belum ada komando dari NU Peduli pusat, karenanya NU Peduli Banten masih menunggu arahan dari NU Peduli pusat,” tuturnya.

Ia menjelaskan target bantuan NU Peduli untuk rumah hunian berjumlah 99 unit, perahu 45 unit, alat penangkap ikan 59 paket, target bantuan untuk rehabilitasi fisik mushala dan majelis taklim 15 unit, dan untuk korban luka parah-meninggal akibat tsunami 101 orang. (Abdul Rahman Ahdori/Kendi Setiawan)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×