Nasional

Peduli Asmat, PMII Depok Salurkan Bantuan melalui NU Care-LAZISNU

Rab, 7 Februari 2018 | 14:30 WIB

Jakarta, NU Online
Bencana gizi buruk dan campak yang melanda anak-anak di Kabupaten Asmat, Papua, belum berakhir. Hingga kini saluran bantuan kemanusiaan terus diupayakan untuk mengentaskan bencana tersebut, salah satunya PMII Depok yang telah melakukan penggalangan dana untuk kejadian luar biasa tersebut dan disalurkan melalui NU Care-LAZISNU.

Ketua PMII Cabang Depok, Ahmad Lutfi mengatakan pihaknya turut prihatin atas bencana kurang gizi dan campak yang terjadi di Tanah Papua.

“Saya mengantarkan sumbangan dana untuk korban gizi buruk Asmat sebesar Rp2.124.000,- melalui NU Care-LAZISNU," terangnya, Rabu (7/2) di Ruang NU Care-LAZISNU, Gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat.

Tujuan penggalangan dan penyerahan dana tersebut, lanjutnya, adalah bentuk kepedulian PMII Depok terhadap kejadian luar biasa di Asmat, Papua. 

“Pertama, kepedualian PMII Depok terhadap kejadian luar biasa gizi buruk yang ada di Asmat. Kedua, ini merupakan bentuk konkret PMII sebagai wajah pergerakan mahasiswa yang sekarang harus lebih mementingkan aksi-aksi konkret daripada wacana semata," ujarnya.

Ia menyebut, sudah saatnya mahasiswa kini mendorong perubahan, bukan hanya menuntut pemerintah untuk melakukan perubahan.

"Menurut kami mahasiswa saat ini harus bertransformasi untuk mendorong perubahan tidak hanya menuntut perubahan," kata Luthfi.

Ia mengungkapkam dana tersebut berasal dari aksi penggalangan yang dilakukan di kampus Universitas Indonesia (UI).

"Dana ini berasal dari para pengunjung wisuda UI, jadi kita melakukan aksi penggalangan dana pada saat wisuda pada saat itu," pungkasnya.

Direkturt NU Care-LAZISNU Syamsul Huda yang menerima penyerahan dana bantuan tersebut mengapresiasi langkah PMII Depok.

"Semoga ini menjadi spirit bagi yang lain bahwa persoalan Asmat bukan persoalan kecil, tetapi besar," ujar Syamsul.

Ia menegaskan NU Care-LAZISNU terus mengawal penanganan gizi buruk dan wabah campak sampai anak-anak Asmat terbebas dari persoalan tersebut.

"NU Care-LAZISNU bersama Tim NU Peduli Kemanusiaan tengah merancang pendirian Cem Gizi di Asmat," kata dia.

Ditambahkan Tim NU Peduli Kemanusiaan telah menangani 300 anak di Kampung Syuru, Asmat melalui screening dan pemberian vitamin serta makanan.
(300 Anak Kampung Syuru Asmat Terima Bantuan dan Screening Tim NU)
"Target kami berikutnya dari aksi NU Peduli Kemanusiaan ada minimal 1000 anak yang terlindungi dengan adanya Cem Gizi di Asmat," pungkasnya. (Rif'atuz Zuhro/Kendi Setiawan)