Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pelaku UMKM Wisata Danau Toba Akan Pasok Produk ke Hotel

Pelaku UMKM Wisata Danau Toba Akan Pasok Produk ke Hotel
Kegiatan Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba Sumatera Utara pada pertengahan Agustus 2022. (Foto: Humas Pertamina)
Kegiatan Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba Sumatera Utara pada pertengahan Agustus 2022. (Foto: Humas Pertamina)

Medan, NU Online

Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba Sumatera Utara yang berlangsung 10-11 Agustus 2022 juga diisi dengan sesi presentasi oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


Selain itu terdapat juga dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara UMKM dan Hotel. Dalam kesempatan itu, ada lima pelaku UMKM yang secara simbolis menandatangani kesepakatan kerja sama rantai pasok produk-produk mereka dengan empat hotel. 


Salah satu mitra binaan yang hadir dalam acara temu bisnis ini adalah Mahdian, pelaku UMKM yang memproduksi Kripik dan Opak Sanjay Balado.


"Saya ingin sekali bisa bekerja sama dengan pihak hotel, dan melalui kegiatan ini, harapan saya terwujud," kata Mahdian.


Menurutnya, target pasar usahanya memang sejalan dengan industri perhotelan, karena biasanya hotel membutuhkan aneka makanan ringan atau snack. 


Vice President CSR and SMEPP Management, Fajriyah Usman memastikan para UMKM mitra binaan di Danau Toba mampu menyuguhkan produk-produk unggulan berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan brand besar.


"Saya optimis bahwa para pelaku UMKM sudah siap bersaing dan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan peluang penjualan," ujarnya.


Menurutnya ini menjadi momentum penting bagi pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Dukungan yang bertubi-tubi yang telah diberikan oleh Pemerintah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Meningkatkan kreativitas dalam melakukan inovasi juga harus terus dilakukan.

 

"Melalui pelatihan yang diberikan oleh Pertamina sebelumnya, diharapkan dapat mempertajam kemampuan UMKM dalam menghadapi persaingan," imbuh Fajriah dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Serbaguna Politeknik Pariwisata Medan, Sumatera Utara.


Pada hari UMKM Nasional 2022 ini, kata Fajriah, Pertamina terus melakukan penyelenggaraan pembinaan bagi UMKM  dan melakukan pembenahan yang lebih terstruktur dalam rangka upaya UMKM naik kelas.  Ia berharap kegiatan dapat membantu pencapaian pemulihan ekonomi nasional.


Perlu diketahui, d​​​​​​ukungan pada pencapaian Tujuan 8 SDGs yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, diwujudkan Pertamina melalui PUMK. Program ini merupakan sarana bagi perusahaan untuk berdayakan UMKM, dalam objektif yang sama dengan negara terkait penciptaan lapangan dan kesempatan kerja, yang akan berdampak signifikan bagi upaya mengentaskan kemiskinan.


Melalui program ini, Pertamina akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dan penyediaan lapangan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi nasional.


Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba Sumatera Utara dihadiri oleh 100 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan diinisiasi oleh PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).


Selain Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, turut hadir juga Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Senior Manajer Pemberdayaan UMK PT Telkom dan Direktur Management Industri Kemenparekraf.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×