Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pujian Bisa Menjadi Racun, Jika...

Pujian Bisa Menjadi Racun, Jika...
KH M. Luqman Hakim (istimewa)
KH M. Luqman Hakim (istimewa)
Jakarta, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, Jawa Barat KH M. Luqman Hakim menegaskan bahwa sebuah pujian bisa menjadi racun. Sebab itu hati-hati dengan para pemuji.

“Hati-hati dengan para pemujimu. Ia bisa jadi racun bagimu, jika Anda belum menilai sama antara pujian dan cacian,” ujar Kiai Luqman dikutip NU Online, Rabu (10/4) lewat twitternya.

Direktur Sufi Center itu mengatakan, pujian berbahaya bagi orang zuhud, karena bisa menguncang jiwanya. Tapi pujian membahagiakan bagi Sang ‘Arif, Allah SWT.

“Karena baginya, pujian dan cacian itu tetap sama dari-Nya,” jelas Kiai Luqman.

Dalam kesempatan berbeda, Kiai Luqman mengungapkan ujung segala nikmat dan azab. Ujung segala nikmat adalah menyaksikan (musyahadah) Asma dan Sifat-Nya di balik segalanya serta kedekatan kepada-Nya.

Sebaliknya ujung segala azab dengan berbagai ragamnya karena manusia telah terhijab dari-Nya. Tipisnya beda nikmat dan azab. (Fathoni)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×