Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Rebana Tamborin Ditabuh, Forum R20 Resmi Dibuka

Rebana Tamborin Ditabuh, Forum R20 Resmi Dibuka
Para tokoh menabuh rebana pada pembukaan R20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (2/11/2022). (Foto: NU Online/Kholillul Rohman)
Para tokoh menabuh rebana pada pembukaan R20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (2/11/2022). (Foto: NU Online/Kholillul Rohman)

Nusa Dua, NU Online
Forum Agama G20 atau R20 secara resmi dibuka di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, pada Rabu (2/11/2022). Pembukaan ini ditandai dengan penabuhan rebana tamborin di atas panggung oleh beberapa tokoh yang hadir.


Mereka yang tampil di atas panggung utama tersebut antara lain Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Mohammed al-Issa, dan Wakil Presiden Indonesia 2004-2009 dan 2014-2019 H Jusuf Kalla.


Sejumlah delegasi dari beberapa negara juga turut serta, antara lain mantan Sekretaris Jenderal BJP dan India Foundation Shri Ram Madhav Varansi, dan mantan Presiden Kolombia Andreas Pastrana Arango.


Selain itu, para menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menko Polhukam Prof Mahfud MD, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof Muhadjir Effendi, Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.


R20 dihelat di Bali, 2-3 November 2022 dan dihadiri lebih dari 400 undangan dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan dari berbagai negara dengan jutaan pengikut.


Gus Yahya, sapaan akrab KH Yahya Cholil Staquf, dalam pidato pembukaan menyambut dengan gembira para delegasi dari berbagai negara yang sudah hadir.


“Selamat datang di Bali, sebuah tanah tempat di mana pemeluk Hindu berada yang mengizinkan NU, organisasi Muslim terbesar dan Liga Muslim Dunia, organisasi terpenting di dunia Islam, untuk membawa inisiatif di sini, di pulau ini, dengan semua para pemimpin agama berkumpul dari seluruh dunia,” katanya.


Menurut Gus Yahya, Forum Agama G20 atau R20 merupakan inisiatif yang tulus dan kemauan spiritual yang baik dari orang-orang beragama dari kepedulian yang lebih tulus dari semua pemeluk agama tentang masa depan umat manusia.


“Kita harus berharap agar prakarsa ini memberikan tempat yang terhormat dan signifikan dalam dinamika global untuk perjuangan umat manusia untuk mencari solusi bagi berbagai masalah dalam dinamika global,” tambahnya.


R20 diinisiasi oleh NU dan diketuai secara bersama dengan Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL).


Sekjen MWL Syekh Mohammed al-Issa sebelumnya mengaku sangat berbahagia atas kerja sama dengan PBNU ini. Ia berharap kerja sama antara MWL dan NU dapat menjadi kerja sama yang permanen.


“Dari sini, dari Bali di Republik Indonesia, platform ini, acara ini, KTT Keagamaan ini (Forum R20) akan diluncurkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan juga untuk mencapai ambisi yang saya emban dan juga ambisi kepresidenan G20-nya,” ujarnya.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×