Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

SMP Quba Kota Sorong Dapat Bantuan LAZISNU PBNU

SMP Quba Kota Sorong Dapat Bantuan LAZISNU PBNU
Penyaluran bantuan bagi SMP Quba, Kota Sorong, Papua Barat Daya dari LAZISNU PBNU, Kamis (12/1/2023). (Foto: Dok LAZISNU)
Penyaluran bantuan bagi SMP Quba, Kota Sorong, Papua Barat Daya dari LAZISNU PBNU, Kamis (12/1/2023). (Foto: Dok LAZISNU)

Jakarta, NU Online

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Quba di Jl Mandiri No 1, Remu Selatan, Kecamatan Sorong Manoi, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya menjadi salah satu penerima bantuan program pendidikan dari Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Hal itu ditandai dengan penyaluran bantuan bagi sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Quba yang secara simbolis diserahkan Kamis (12/1/2023).


Penanggung jawab program kerja sama LAZISNU PBNU dengan Indomaret (PT Indomarco Prismatama), Syarifudin menegaskan bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan implementasi dari program penghimpunan Donasi Pelanggan Indomaret. Adanya program tersebut diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk pemerataan akses pendidikan terutama untuk daerah-daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).


"Ini (pendidikan) perlu kerja sama multi pihak, tidak bisa hanya mengandalkan dan menyalahkan pemerintah. Karena itu, LAZISNU dan Indomaret terus berupaya agar kita mendorong pembangunan bidang pendidikan dalam menunjang pencapaian SDG’s (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan),: tegas Syarifudin di kantor NU Care-LAZISNU PBNU, Jakarta, Selasa (17/1/2023).


Menurutunya, selain bantuan pendidikan untuk SMP Quba di Sorong, kerja sama LAZISNU dengan Indomaret telah menyasar beberapa daerah lainnya di Indonesia dalam bentuk bantuan yang beragam.


"Seperti bantuan 2.500 kacamata untuk siswa di wilayah Jabodetabek, bantuan sanitasi, pembangunan musala dan masjid, renovasi pesantren, kemudian vaksinasi untuk 5.714 pelajar dan santri di Pangandaran, Pasuruan, Bogor, Semarang, Tangerang, dan daerah lainnya dalam bentuk bantuan yang beragam," papar Manajer Organisasi dan Kelembagaan NU Care-LAZISNU PBNU itu.


Ketua LAZISNU PCNU Kota Sorong Ahmad Sholihin menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah LAZISNU PBNU yang diberikan kepada pihaknya untuk mengawal penyaluran bantuan di SMP Quba.


"Alhamdulillah, terima kasih kepada LAZISNU PBNU atas amanhnya untuk kami bisa mengawal dan merealisasikan program penyaluran bantuan di Kota Sorong ini. Kami harap kerja sama LAZISNU dan Indomaret ini bisa terus berlanjut," tutur Sholihin.


Adanya bantuan tersebut dapat digunakan untuk merenovasi bangunan SMP Quba Kota Sorong ini.


Sementara itu pimpinan Indomaret Cabang Kota Sorong, Bayu mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan tersebut diharapkan dapat memajukan pendidikan anak bangsa.


"Indomaret dan juga LAZISNU tentu aware terhadap bidang pendidikan. Kami berharap melalui bantuan renovasi ini dapat memajukan pendidikan anak bangsa," harap Bayu.


Bayu berharap masyarakat dapat terus mendukung Program Peduli dan Berbagi, yaitu program Donasi Pelanggan Indomaret bersama LAZISNU. Menurutnya donasi dari uang kembalian itu akan bermanfaat untuk masyarakat, sehingga dengan uang kembalian yang didonasikan itu bisa terkumpul dana dan dijadikan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat.


Ketua Yayasan Pendidikan Quba, H Muslimin Zainudin menyatakan bantuan yang disalurkan oleh LAZISNU dan Indomaret akan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Kota Sorong.


"Bantuan yang sudah diberikan ini akan memberikan manfaat serta kemajuan untuk pendidikan di Kota Sorong, khususnya bagi Yayasan Pendidikan Quba ini. Terima kasih LAZISNU dan Indomaret,” ucap Zainudin.


Ia berharap kerja sama LAZISNU dengan Indomaret dapat terus berjalan dan menyasar berbagai wilayah, terlebih daerah pelosok Indonesia.


"Kerja sama, kolaborasi antara LAZISNU dan Indomaret ini diharapkan dapat terus berjalan, menyasar berbagai wilayah di Indonesia, khususnya daerah-daerah pelosok," pungkasnya.


Untuk diketahui, hadir dan mengapresiasi penyerahan bantuan tersebut Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhamad Musa'ad, Staf Ahli Wali Kota Sorong Bidang Kemasyarakatan dan SDM Gamar Malabar, Ketua DPRD Kota Sorong Petronela Kambuaya, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sorong Sefnat Isir.


Hadir juga Kepala Dinas Perizinan Kota Sorong Manaseh Jitmau, Kepala Kementrian Agama Kota Sorong Rofiul Amri, Rais Syuriyah PCNU Kota Sorong KH Uso, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Sorong H Mulyono, serta seluruh pengurus PCNU, lembaga dan Banom NU Kota Sorong.


Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×