Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Strategi Dakwah Digital Ala Kiai Muda Jateng

Strategi Dakwah Digital Ala Kiai Muda Jateng
Semarang, NU Online
Bertempat di Pondok Pesantren Wali, Candirejo, Tuntang, Kabupaten Semarang, Forum Kiai Muda Pengasuh Pesantren se-Jawa Tengah menggelar Seminar Regional dan Ngaji Jurnalistik bertaju Strategi dan Teknik Dakwah di Era Digital untuk Generasi Milenial Sabtu (2/12) lalu. Acara dihadiri anggota DPR RI Arwani Thomafi, Wakil Direktur NU Online H. Saifullah Amin, Gus Idror Maimoen, dan para kiai muda dari berbagai pesantren di Jateng.

Dalam sambutannya, Pengasuh Ponpes Wali, KH. Anis Maftuhin menyampaikan pentingnya dakwah secara digital.

“Sekarang zamannya sudah serba digital, jadi kita harus berdakwah secara digital,” katanya.

Ia mendukung diadakannya pelatihan-pelatihan dakwah, dan Pesantren Wali siap menjadi tuan rumah. 

Wakil Direktur NU Online yang sekaligus sebagai narasumber pada acara tersebut, Saifullah Amin, mendorong kiai muda untuk merekam dan menyebarluaskan pengajian-pengajian di pesantren dan desa-desa agar bisa dinikmati secara luas.

“Rekaman pengajian berdurasi lama masih kita pertahankan, tetapi kita juga perlu memroduksi konten-konten dakwah berdurasi pendek,” ucapnya. 

Dengan durasi pendek, lanjutnya, video bisa disebarluaskan  melalui media-media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Hal ini sangat penting karena di era digital seperti sekarang ini hampir setiap orang memiliki akun media sosial.

“Zaman sekarang siapa yang tak punya facebook? Semua punya,” ujarnya.

Para peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Menurut Sholihin, salah satu peserta asal Ponpes Futuhiyyah Mranggen Demak, kegiatan itu sangat penting dan bermanfaat.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu menjangkau lebih banyak kiai muda di Jateng, sebab ini sangat penting untuk mereka,” katanya.

Arwani Thomafi, selaku DPR RI yang duduk di Komisi 1 mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut.

“Sebagai anggota dewan yang membidangi komunikasi dan informatika, kami siap mendukung kegiatan-kegiatan positif menyangkut media, seperti kegiatan sekarang ini,” ucapnya disambut tepuk tangan peserta. (Moh.Salapudin/Kendi Setiawan)         



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×