Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ulama Banjar Ini, Fotonya Pun Dipajang di Warung Makan

Ulama Banjar Ini, Fotonya Pun Dipajang di Warung Makan
Banjar, NU Online
Tuan Guru KH Muhammad Zaini Abdul Ghani merupakan ulama yang begitu melekat di hati masyarakat Banjar. Saking dekatnya, warga Banjar memasang fotonya di rumah mereka. Bahkan di warungnya.

NU Online diajak menyambangi Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Kalimantan Selatan Hamdiani di sebuah rumah makan di Martapura, Banjar, Kamis (26/4).

Di dinding rumah makan tersebut, terpajang 18 bingkai foto. Lima di antaranya foto ulama yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul itu. Ada foto yang sedang berdiri dengan imamah khasnya dan sorban hijau yang menjuntai melingkari lehernya ke bawah.

Ada pula foto tokoh kharismatik itu sedang bersalaman dengan Rudy Arifin, Gubernur Kalsel 2005-2015. Pada foto itu tertulis dawuh Abah, "Ikam (kau) kuangkat sebagai anak dunia akhirat."

Helda, penjual, menuturkan bahwa sejak warung itu mulai berdiri 15 tahun lalu foto Guru sudah ia pasang.

Ia menuturkan bahwa pemasangan foto Guru Ijai itu karena mengalap berkahnya.

"Iya. Beliau itu kan wali," ujarnya.

Sebulan lalu, haulnya yang ke-13 diperingati di Martapura, Kalsel. Ribuan orang datang menghormati sosok yang akrab dengan Gus Dur itu. (Syakir NF)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×