Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kuliahkan Santri Berprestasi ke Yaman

Kuliahkan Santri Berprestasi ke Yaman

Probolinggo, NU Online
Pendidikan di Pondok Pesantren Darul Khairat Desa Bulu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo hanya berupa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Diniyah (Madin). Meski hanya berupa pendidikan informal, namun pesantren tersebut telah memberangkatkan santri yang lulus dan berprestasi ke Pesantren Darul Musthofa Hadramaut, Yaman.<>

“Santri yang berprestasi kita berikan beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan di Yaman,” ungkap Pengasuh Pesantren Darul Khairat Habib Ali bin Abdulllah Al Jufri kepada NU Online, Senin (6/5).

Lebih jauh habib yang melepas masa lajangnya tahun 2004 ini mengatakan, pilihan untuk memberikan beasiswa kepada santri yang berprestasi bukan tanpa alasan. Pihaknya memandang santri yang berprestasi merupakan potensi yang perlu terus diberdayakan. Sehingga kalau tidak diteruskan ke jenjang yang lebih tinggi akan mubadzir.

“Saya merasa senang mempunyai santri yang pandai. Janji saya akan meneruskan mereka lulus dengan nilai memuaskan saya gratiskan untuk menempuh pendidikan di Yaman,” terangnya.

Tahun ini sudah ada tiga santri yang diberangkatkan. Mereka adalah M. Husen asal Madura, Hasanudin dari Kota Probolinggo dan Alwi dari Kabupaten Probolinggo. “Yang jelas saya terus memberikan support kepada santri. Berapapun jumlah santri yang layak berangkat ke Yaman, saya akan berangkatkan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya tidak pernah menutup diri dan terus menerus menerima santri. “Tidak ada batasan berapa santri yang masuk tiap ajaran baru. Kita pasti terima dan yang paling penting mereka mengikuti seluruh rangkaian kegiatan disini dan tidak melanggar aturan dan mau hidup sederhana,” pungkasnya.



Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Syamsul Akbar



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Pesantren Lainnya

Terpopuler Pesantren

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×