Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

14 Kloter Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air

14 Kloter Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air
Jakarta, NU Online
Hari pertama kepulangan jamaah haji Indonesia, ada sekitar 14 kelompok penerbangan (Kloter) jamaah haji dari berbagai embarkasi yang akan dipulangkan ke tanah air dari Makkah Al Mukarramah. Ke-14 kloter jamaah haji yag berjumlah 5.760 orang ini akan diterbangkan dari Jeddah pada Rabu (2/12) besok.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Daerah Kerja Jeddah untuk kepulangan jamaah. Bagi jamah gelombang selanjutnya kita imbau untuk melakukan Tawaf Ifadoh dan Tawaf Wada," kata Kepala Daker Makkah, Subakin Abdul Muthalib, kepada wartawan di kantornya, Syisha, Makkah, Selasa (1/12).<>

Subakin merinci, jamaah tersebut masing-masing tiga kloter diterbangkan ke bandara embarkasi Jakarta sebanyak 1.350 orang , Surabaya sebanyak 1.355 orang dan Solo sebanyak 1.140 orang, serta masing-masing satu kloter ke Medan sebanyak 455 orang, Balikpapan sebanyak 325 orang, Banjarmasin sebanyak 325 orang, Ujungpandang sebanyak 360 orang dan Batam sebanyak 450 orang.

"Namun demikian tidak ada acara khusus untuk pelepasan kepulangan jamaah ke Tanah Air," jelasnya seperti dilansir situs detik.com.

Sebelum berangkat ke Tanah Air, para jamaah haji dari Mekkah akan menginap di tujuh penginapan transit di Jeddah yakni Hotel Araq, Hotel Rumasiah, Hotel Tayyar, Hotel Sama, Hotel Madinah, Hotel Norcom dan Hotel Rotana.

Selama di Jeddah para jamaah akan melakukan city tour, antara lain ziarah ke makam Siti Hawa, Masjid Qisas, Masjid Terapung di Laut Merah dan pusat perbelanjaan terbesar di Jeddah, Pasar Qorniche. (min)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×