Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

8 Pesantren Ikuti Pelatihan Pemberdayaan Berbasis Fundraising

8 Pesantren Ikuti Pelatihan Pemberdayaan Berbasis Fundraising
Depok, NU Online
Sebanyak 8 pesantren mengikuti "Pelatihan Pemberdayaan Pesantren melalui Penggalangan Dana (Fundraising) Berbasis Kompetensi dan Usaha Pesantren”. Pelatihan diselenggarakan oleh International Center for Islam and Pluralisme (ICIP) dengan support Ford Foundation.

Pelatihan yang diadakan di hotel Bumi Wiyata, Depok, 27  September sampai dengan 1 Oktober 2010 bertempat ini merupakan kelanjutan dari program pendidikan jarak jauh (Open, Distance dan E-Learning tau ODEL) yang telah dilaksanakan sebelumnya.r />
Kegiatan ini diharapkan sebagai upaya untuk memberikan keterampilan organisasi masyarakat sipil dalam hal ini pesantren menuju kemandirian sehingga eksistensi program ODEL di pesantren akan terus berlanjut dan bahkan berkembang. Hal tersebut disampaikan Dr. Syafii Anwar dalam acara pembukaan Pelatihan di hotel Bumi Wiyata, Depok (27/9).

Selain itu, menurut Syafii, kegiatan ini ditujukan sebagai upaya untuk mengenal arti dan implikasi kegiatan penggalangan dana (fundraising), mampu menilai upaya-upaya penggalangan dana, mempu menyusun strategi penggalangan dana, mampu merancang instrument penggalangan dana dan memahami kegunaan instrument-instrumen penggalangan dana.

Tujuan akhir dari training, menurut mantan pemred majalah “Ummat” ini adalah “peserta mampu menemukan alternatif sistem penggalangan daya dan dana yang cocok untuk diterapkan di pesantrennya masing-masing.”

Sedangkan materi-materi dalam training ini adalah 1) pemahaman mengenai penggalangan dana, 2) pentingnya implikasi penggalangan dana, 3) simulasi penggalangan dana, dan 4) kunjungan lapangan ke pesantren “Nurul Iman”, Parung, Bogor dan disampaikan oleh nara sumber dari Word Bank, UKM Center UI, PPSW, dengan fasilitator Ahmad Yani.

Adapun peserta training berasal dari 8 pesantren mitra ICIP dalam program ODEL, yaitu Pesantren Al-Mizan (Majalengka), Pesantren Miftahul Huda Al-Musri (Cianjur), Pesantren Alkenaniah (Jakarta), Pesantren An-Nizhamiah (Pandeglang), Pesantren Raudlatul Falah (Rembang), Pesantren Hasyim Asy’ari (Jepara), Pesantren Nurul Jadid (Proboloinggo), dan Pesantren Nurul Islam (Jember). (sam)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×