Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gelar Pameran Jelajah Peradaban Islam

Gelar Pameran Jelajah Peradaban Islam

Jakarta, NU Online
Upaya untuk mensukseskan program wisata ziarah dan masjid yang dikembangkan oleh PBNU bekerjasama dengan Menbudpar, salah satu aspek yang akan disosialisasikan adalah perkembangan peradaban Islam dari masa wali songo sampai masa kontemporer saat ini.

Pameran Jelajah peradaban Islam tersebut akan digelar pada 13-16 Desember mendatang di kompleks Makam Sunan Drajat, salah satu wali songo, yang terletak di Lamongan Jawa Timur.

<>

“Kami akan menampilkan peninggalan-peninggalan peradaban Islam, mulai dari wali songo sampai dengan perkembangan Islam saat ini,” kata Samsul, koordinator seksi pameran kepada NU Online, Rabu.

Dikatakannya bahwa upaya untuk memamerkan peninggalan para wali songo tersebut sangat penting dalam rangka mengembangkan metode dakwah wali songo yang penuh toleransi, menghargai dan rukun. “Islam kan tidak dikembangkan dengan kekerasan, tetapi melalui pendekatan budaya,” tuturnya.

Produk-produk pesantren juga akan ditampilkan dalam pameran ini. Samsul berujar bahwa salah satu pesantren yang diundang adalah PP Sidogori Pasuruan yang sukses mengembangkan koperasi yang sekarang asetnya sudah mencapai milyaran rupiah.

Selain pameran peradaban Islam dan produk pesantren, fihak-fihak lain yang terlibat dalam industri wisata ziarah akan turut berperan seperti pemda, biro perjalanan wisata, pedagang, dan lainnya. (mkf)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×