Warta

NU Nihon Sediakan Kitab Kuning Digital Gratis

Rab, 6 September 2006 | 14:46 WIB

Jakarta, NU Online
Kebutuhan akan referensi kitab kuning yang susah didapat di Indonesia kini bukan lagi persoalan, dan dapat diperoleh dengan gratis pula, hanya perlu biaya koneksi internet dalam proses downloadnya. Kini bahtsul masail bisa dilakukan semakin komprehensif dengan mempertimbangkan rujukan dari berbagai kitab dari beberapa mazhab.

Semuanya dapat didownload melalui situs milik PCI NU Jepang dengan alamat diĀ  http://www.nunihon.org/DownloadNU/CDKitab1/#Download. Namun harus diingat bahwa bagi yang ingin mendowndload atau menginstal program ini, komputernya harus Windows versi Arab atau Windows XP yang enable Arabic.

<>

Software kitab kuning digital ini berisi seluruh aspek keilmuan, mulai dari Tafsir, Hadits, Fiqih, Tasawuf, Aqidah, Sastra, Sejarah, Kamus Arab, Ensiklopedi dan lainnya. Di bidang tafsir terdapat 52 kitab meliputi Tafsir Thabari, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Alusi, Al-Bahr, Fathul Qadir, Ad-Durrul Mantsur, Jalalain, Al-Khazin, Az-Zamakhsyari, Ibnu Abdis Salam, Sayyid Thanthawi, Adh-Dhilal, Al-Qusyairi, dan lainnya.

Dalam bidang Ulumul Qur'an terdapat 43 kitab, meliputi I'rabul Qur'an, Asbabu Nuzulil Qur'an, Al-Itqan, Misykatul anwar, Fadlailul Qur'an, Majazul Qur'an, Lubabun Nuzul, At-Tibyan, Asbabun Nuzul, Ahkamul Qur'an lisy Sayfi'iy, Ahkamul Qur'an li Ibni Arabiy, dan lainnya.

Dalam bidang Fiqih, kitab di lingkungan 4 madzhab diletakkan terpisah. Untuk Madzhab Imam Syafi'y, 19 kitab yang tersedia adalah Al-Umm, I'anatuh Thalibin, Fathul Wahhab, Fathul Mu'in, Asnal Mathalib, Al-Majmu', Raudlatuth Thalibin, Hasyiata Qalyubi wa Umairah, Mughnil Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Hasyiah Bujairimi alal Khatib, Hasyiah Bujairimi alal Minhaj, dan lainnya.

Dalam madzhab Imam Maliki (14 kitab), Asy-Syarhul Kabir, Bidayatul Mujtahid, Mukhtashar Khalil, At-Taju wal Iklil, Mawahibul Jalil, Hasyiyah Ad-Dasuqi alasy Syarhil Kabir, dan lainnya.. Dalam Madzhab Imam Hanafi terdapat 17 kitab, dan Madzhab Imam Maliki terdapat 14 kitab.

Dalam bidang Tasawuf, / Akhlak terdapat Ihya Ulumiddin, Riyadlush Shalihin, Al-Kabair, Al-Futuhatul Makiyyah, Qutul Qulub, Al-Risalatul Qusyairiyyah, Al-Adzkar, dan lainnya.

Klasifikasi umum memuat kitab Tafsirul Ahlam, Ta'tirul Anam fi Tafsiril Ahlam, Mausu'ah Tafsiril Ahlam, Mafahimul Islamiyyah, Al-Jam'iyyatul Khairiyyah li Tahfidhil Qur'anil Karim, Jam'ul Qur'anil Karim fi 'Ahdi Khulafair Rasyidin, dan lainnya..

Ushul Fiqh, Mushtalah Hadits, dan berbagai bidang lainnya hingga 29 kelompok dengan total 1800 kitab. Semua kitab tersebut sudah lengkap dimuat dalam software yang membutuhkan kapasitas Hard Disk yang dibutuhkan minimal 4,2 Giga Byte.

Setelah memiliki software ini, kita dapat membuka kitab apapun dengan mudah berdasarkan juz dan halamannya, bisa berdasarkan urutan atau index huruf atau berdasarkan bidang ilmunya.

Pencarian dilakukan dengan memasukkan sebuah kata, dan software akan mencarinya di seluruh kitab. Misalnya kita cukup ketikkan Ihya, maka akan diantarkan daftar kitab yang di judulnya tertera kata Ihya. Sedangkan bila mencari IBARAT. (Catatan : IBARAT adalah keterangan ayat / hadits / fatwa / pembahasan yang terkait dengan jawaban yang dibutuhkan).

Bila terlalu banyak hasil pencariannya, bisa pula dibatasi pada nama kitab tertentu saja atau pada bidang ilmu tertentu saja. Misalkan pembahasan Makmum Masbuq, bisa didapat dari Kitab-kitab di Bidang Hadits, bidang Fiqih (Madzhab 4), Kitab Ihya, dan lainnya.. Daftar pencarian bisa diperluas misalnya untuk lebih luas lagi, yakni di seluruh kitab fiqih dalam Madzhab Imam Syafi'i.

Daerah pencarian juga bisa digabungkan dari bidang yang berbeda, misalnya dari bidang fiqih Madzhab Imam Syafi'iy ditambah Madzhab Imam Maliki, ditambah bidang Tafsir, dan bidang Akhlaq yang didalamnya ada Ihya Ulumiddin, dan lain-lain.

Dalam websitenya, PCI NU Nihon berharap agar kitab-kitabĀ  ini bisa mensupport para ulama agar makin produktif menulis kitab-kitab agama, membahas problema keagamaan atau Bahtsul Masaa'il, dan mempermudah mengajar ke para santri.

Agar penyebarluasan tersebut bisa dilakukan dengan mudah, maka mau tidak mau program besar ini harus disave ke CD lebih dulu. Karena ukuran filenya 789 MB diperlukan 2 CD karena satu CD hanya mampu memuat 700 MB.

Selanjutnya, setiap sowan ke para ustadz, para kiai atau berkunjung ke pondok pesantren, tinggal menyampaikan CD Perpustakaan Digital dan bahkan kalau mungkin diinstalkan sekalian ke komputer dimasing-masing pesantren atau kyai. (mkf)