Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringati Harlah, PP Fatayat NU Lakukan Pemeriksaan Pap Smear

Peringati Harlah, PP Fatayat NU Lakukan Pemeriksaan Pap Smear

Jakarta, NU Online
Menyambut hari lahir (harlah) Fatayat NU ke-61 diselenggarakan pengobatan gratis dan pemeriksaan Pap Smear dan pemberian bingkisan di kantor PP Fatayat NU Jl Kramat Lontar Jakarta Pusat, Selasa (17/5).

Sekitar 200 orang mengikuti pengobatan umum, sementara yang mengikuti pemeriksaan Pap Smear sekitar 100 orang. Pengobatan umum diutamakan bagi warga di sekitar kantor PP Fatayat NU, sementara pemeriksaan Pap Smear untuk masyarakat dan pengurus Fatayat NU. Bingkisan sebanyak 300 paket diberikan kepada warga tidak mampu. <>

Ketua Umum PP Fatayat NU Ida Fauziyah menjelaskan momentum harlah ini diupayakan Fatayat dapat memperjuangkan nasib perempuan dan keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat.

‘Kita ingin selalu dekat dengan masyarakat dan bakti sosial yang dilakukan saat ini merupakan layanan kepada umat,” katanya ketika membuka acara.

Sururin, salah satu pengurus PP Fatayat NU menjelaskaan, pemeriksaan Pap Smear, yang merupakan upaya deteksi dini penyakit kanker selvik atau kanker rahim. Penyakit kanker ini paling banyak ditemukan di Indonesia dan banyak menyebabkan kematian.

“Ini menjadi prioritas mengingat para penderita kanker selvik merupakan perempuan usia produktif dan ini bisa dicegah secara dini melalui pemeriksaan,’ katanya.

Penyakit kanker selvik pada pada tahap dini tidak timbul gejala sampai stadium lanjut yang susah diobati, padahal jika diketahui lebih awal, dapat diobati. Meskipun pemeriksaan ini penting, banyak perempuan yang tidak melakukannya karena tidak tahu bahwa hal ini penting, atau tahu namun tidak mampu karena biaya yang mahal.

Perempuan sering dihadapkan pada kondisi mengagetkan karena ternyata gangguan kesehatan reproduksinya sudah cukup parah, padahal jika dideteksi dini, bisa diatasi.

Dalam bakti sosial ini, Fatayat NU bekerjasama dengan BKKBN, Yayasan kanker Indonesia dan mahasiswa kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penulis: Mukafi Niam



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×