Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Persiapan Ambon Jadi Tuan Rumah MTQN Capai 90 Persen

Persiapan Ambon Jadi Tuan Rumah MTQN Capai 90 Persen

Jakarta, NU Online
Persiapan Kota Ambon menjadi tuan rumah MTQ Nasional pada 9-19 Juni 2012 sudah mencapai 90%, termasuk pendanaanya yang mencapai Rp48 miliar, bantuan dari APBN dan APBD.

"Tamu yang datang diperkirakan mencapai 4.000 orang dari 33 provinsi," kata KA Ralahalu, Gubernur Maluku seusai mengikuti rakor tentang MTQ di kantor Kemenko Kesra, Selasa (20/12).<>

Rakor MTQ yang dipimpin Menko Kesra Agung Laksono itu diikuti Menag Suryadharma Ali, Panglima TNI Agus Suhartono, Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo, Kepala BIN Marciano Norman, Wamenag Nasaruddin Umar, Sekjen Menag Bahrul Hayat, dan Sesmenko Kesra Indroyono Soesilo.

Menurut Rahalu, penggunaan dana terbesar dalam acara akbar ini untuk biaya akomodasi dan konsumsi tamu serta pembangunan panggung tempat pertandingan dan penjurian nanti.

"Untuk akomodasi, kami memakai hotel yang sudah ada, dan tidak membuat bangunan baru," tambahnya.

Agung mengatakan bahwa pemerintah tetap memutuskan Ambon sebagai tuan rumah MTQ Nasional 2012. "Masalah keamanan terus dipantau, terutama menjelang dan saat Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2012. Kegiatan ini akan dievaluasi lagi pada Februari dan Mei mendatang," ujarnya.

Agung menambahkan masalah jadi dan tidak jadinya MTQ di Ambon akan ditetapkan lagi pada putusan final Mei 2012 dengan melihat situasi dan kondisi saat itu. "Kalau situasi tidak kondusif, maka MTQ akan ditunda, dan bukan dipindahkan," lanjutnya.

Beberapa waktu lalu terjadi insiden bentrokan antarwarga di Kota ambon. Hal tersebut sempat menimbulkan isu bahwa pelaksanaan MTQ Nasional 2012 akan dialihkan oleh pemerintah pusat ke provinsi lainnya.

Namun, berkat kerja sama dan kegigihan Walikota Ambon Richard Louhenapessy, maupun Gubernur Maluku, serta seluruh komponen daerah itu, maka Menag Suryadharma Ali pun hingga saat ini memastikan kota Ambon tetap menjadi tuan rumah MTQ. 



Redaktur : Syaifullah Amin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×