Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Saifullah Minta Semua Kontestan Bersaing Secara Sehat

Saifullah Minta Semua Kontestan Bersaing Secara Sehat
Surabaya, NU Online
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur yang diusung Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat, Saifullah Yusuf, meminta kepada semua kontestan atau peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim agar bersaing secara sehat dan tidak saling menjatuhkan. Menurutnya, para kontestan lebih baik beradu program dari pada membuat kampanye negatif terhadap peserta lain.

“Mari kita bersaing secara sehat dan fair. Ini penting agar rakyat bisa tahu visi dan misinya dalam menyejahterakan rakyat,” ujar Saifullah yang juga Ketua Umum (nonaktif) Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor, di Surabaya, Jatim, Senin (21/4) kemarin.<>

Saifullah yang berpasangan dengan Soekarwo menyampaikan seruan moral itu karena ia menilai, kepentingan rakyat, khususnya warga Jatim, harus diutamakan. Menurutnya, Pilgub yang digelar pada Juli mendatang bukanlah untuk kepentingan pribadi. “Untuk itu, tidak elok kalau sesama kandidat saling menjelekkan,” pungkasnya.

Sementara, Soekarwo yang saat ini masih menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, kembali menegaskan akan mundur dari jabatannya setelah ada instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto.

Ia mengaku sudah berkonsultasi pada Mendagri terkait pengunduran dirinya. Sebab, ada beberapa peraturan yang mendasarinya. Berdasar UU 22/2007 tentang pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, calon yang berasal dari pejabat harus mundur sejak mendaftarkan diri di KPU.

Sedangkan berdasar UU tentang kepegawaian, harus mundur sejak dinyatakan diterima KPU. Logikanya, lanjutnya, keputusan untuk mundur itu dikeluarkan saat persyaratan administrasi sudah lengkap di KPU. (gpa/rif)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×