Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Saifullah Rangkul Pemuda Katolik-Kristen

Saifullah Rangkul Pemuda Katolik-Kristen
Surabaya, NU Online
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf merangkul kalangan muda non-muslim. Cawagub yang berpasangan dengan Soekarwo itu mengadakan pertemuan dengan Pemuda Katolik dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Hotel Somerset, Surabaya, Jatim, Kamis (17/4) kemarin.

Namun, ia menolak jika pertemuan itu disebut untuk mencari dukungan. Menurutnya, Pertemuan itu hanya karena pertemanan sudah terjalin sejak dirinya menjabat Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal.<>

”Kami sering mengadakan baksos (bakti sosial) bareng, pengamanan gereja waktu malam Natal, buka puasa, dan diskusi. Saya bahkan pernah ikut kebaktian yang mereka adakan,” ungkap Ketua Umum (nonaktif) Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor itu.

Saifullah mengaku sadar bahwa suara Nahdliyin (sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama/NU) di Jatim menjadi rebutan banyak calon. Pasalnya, Nahdliyin di provinsi tersebut hampir mencapai 60 persen dari 28 juta penduduuk. Tapi, NU kini tak lagi menjanjikan, karena banyak kader NU yang ’bersaing’.

”Sekarang sudah tidak mungkin lagi mengharapkan suara NU untuk menjadi pemimpin Jatim,” pungkasnya.

Sekretaris Pemuda Katolik Jatim, Albert Lasut, menegaskan, secara organisatoris pihaknya tidak mengeluarkan surat edaran tentang pelarangan atau imbauan untuk memilih cagub-cawagub tertentu. Sebab, hal itu merupakan hak politik seseorang. ”Tapi secara pribadi, kami menyarankan anggota kami untuk memilih pasangan Karsa (sebutan untuk pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf),” katanya. (sin/sbh)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×