Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sekjen OKI: Perlu Dibentuk Dewan Ham Baru yang Universal

Sekjen OKI: Perlu Dibentuk Dewan Ham Baru yang Universal

Jakarta, NU Online
Sekretaris Jenderal Organisasi Konferensi Islam (OKI), Ekmeleddin Ehsanoglu, menyerukan PBB untuk membentuk Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) baru yang universal. 

"Perlu dibentuk Dewan HAM baru yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip universalitas, obyektivitas dan tanpa pandang bulu," kata Sekjen Ehsanoglu dalam pidatonya di depan pertemuan tingkat tinggi ke-4 Dewan HAM PBB di Jenewa awal pekan ini.

<>

Siaran pers OKI, Jumat, mengutip pidato Ehasanoglu menyebutkan, dunia Islam memberi prioritas untuk tunduk pada kewajiban-kewajiban menyangkut pelaksanaan HAM.

Menurutnya, untuk pertama kali dalam sejarah OKI, telah ditetapkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI di Makkah, Arab Saudi, pada Desember 2005, untuk membentuk Komisi Tetap HAM OKI.

Di bagian lain pidatonya, Sekjen Ekmeluddin menyoroti pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah Israel terhadap rakyat Palestina, dan mendorong perlunya mengambil langkah-langkah guna mengurangi penderitaan rakyat Palestina.

Dia juga mengutuk penggalian terowongan di dekat Masjidil Aqsa di Jerusalem oleh Israel yang dinilainya melanggar hukum internasional dan Konvensi Jenewa.

Ehsanoglu tak luput  menyinggung keprihatinan OKI mengenai kondisi HAM rakyat Kashmir, Darfur, dan situasi minoritas Muslim di negara-negara non-anggota OKI seperti di Filipina dan Thailand.

Dengan meningkatnya kejadian-kejadian Islamfobia yang menunjukkan adanya sikap permusuhan terhadap Islam,  Sekjen OKI mendesak Dewan HAM PBB untuk mengambil tindakan guna mencegah pelecehan-pelecehan terhadap Islam dan agama-agama lainnya. (ant/mad)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×