Jatim

Syekh Mahfudz At-Tarmasi, Ulama dari Tremas Pacitan yang Mendunia

Rab, 22 Mei 2024 | 19:00 WIB

Syekh Mahfudz At-Tarmasi, Ulama dari Tremas Pacitan yang Mendunia

Syeikh Mahfudz at-Tarmasi. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Syekh Mahfudz at-Tarmasi memiliki nama lengkap Muhammad Mahfudz bin Abdullah bin Abdul Manan bin Dipomenggolo al-Tarmasi al-Jawi. Ia lahir di Tremas, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, pada tanggal 12 Jumadil Awal 1285 H / 31 Agustus 1842 M. Ia meninggal di Makkah pada malam Senin di awal bulan Rajab 1338 H, saat berusia 53 tahun, serta dimakamkan di Maqbarah al-Maā€™la.

 

Dikutip dari NU OnlineĀ Jatim, Penisbatan ā€˜at-Tarmasiā€™ dalam namanya menunjukkan asal kelahirannya, yakni Desa Tremas, Pacitan. Sebagian kalangan lainnya justru lebih mengenal dengan nama Syekh Mahfudz Tremas. Ia lahir dari kalangan pesantren dan pengetahuan agama yang kuat. Keluarganya berasal dari keturunan Pondok Tremas Pacitan yang didirikan oleh KH Abdul Manan (kakek Syeikh Mahfudz Tremas).

 

Pada tahun 1872 M/1291 H, saat Syekh Mahfudz Tremas berusia 6 tahun, ayahnya membawanya ke Makkah untuk tinggal di sana. Selama sekitar 6 tahun di Makkah pasti memengaruhi perkembangan intelektualnya. Kehidupan sehari-hari di pesantren, yang dipenuhi dengan suasana keilmuan, juga sangat memengaruhi minatnya dalam ilmu pengetahuan, terutama ilmu agama.

 

Melihat bakat yang dimiliki, ayahnya memutuskan untuk menitipkannya di pesantren KH Shaleh Darat (1820-1903 M) di Semarang. Pesantren ini termasuk pesantren yang besar dengan jumlah santri mencapai ratusan, dan beberapa tokoh ternama pernah menimba ilmu di sana, seperti Hadratussyekh KH M Hasyim Asyā€™ari, KH Ahmad Dahlan, KH Moenawir Krapyak, KH Dalhar Watucongol, KH Asnawi Kudus, dan sejumlah ulama lainnya.

 

Di pesantren asuhan KH Shaleh Darat, Syekh Mahfudz mempelajari beberapa kitab, seperti Tafsir Jalalain, Syarh Syarqawi ā€˜ala al-Hikam, Wasilah al-Thullab, hingga Syarh al-Mardini li al-Falaq.

 

Selepas menuntut ilmu di pesantren KH Sholeh Darat ia merasakan kerinduan suasana di Makkah dan ingin kembali kesana. Pada akhirnya ke Makkah untuk yang kedua kalinya di tahun 1308 H. Suasana religius yang ia pernah rasakan ketika masa kecilnya menghadirkan semangat baru untuk mendalami ilmu agama.

 

Selama berada di Makkah, Syeikh Mahfudz sering menghadiri berbagai majelis ilmu untuk mendalami pengetahuan agama. Di sana ia belajar di bawah bimbingan Muhammad Syatha al-Makki, seorang guru yang terkemuka pada masa itu. Bahkan ia dianggap sebagai bagian dari keluarga guru tersebut dan diberi kesempatan untuk mengajar di Masjidil Haram. Kesempatan ini tidaklah mudah saat itu, karena tidak semua orang bisa mendapatkan izin untuk mengajar di sana.

 

Menurut penuturan Syeikh Yusin al-Fadani, Syeikh Mahfudz Tremas memperoleh gelar al-Allamah (sangat alim), al-Muhaddits (ahli hadis), al-Musnid (mata rantai sanad hadis), al-Faqih (ahli fiqih), dan al-Muqriā€™ (ahli qiraā€™at). Ia merupakan salah satu ulama Nusantara yang telah menuliskan karya-karyanya dalam bahasa Arab.

 

Karya-karya Syekh Mahfudz at-Tarmasi

Syeikh Mahfudz Tremas telah menghasilkan banyak karya tentang berbagai aspek ilmu keislaman, semuanya dalam bahasa Arab. Kecepatannya dalam menulis bisa dikatakan sangat luar biasa, seperti ketika ia menyelesaikan kitab Manhaj Dzawi al-Nadhar hanya dalam waktu 4 bulan 14 hari.

 

Kitab tersebut di dalamnya berbicara tentang ilmu mustolahul hadits yang merupakan syarah atas karangan al-Suyuthi sebagaiĀ syarah yang terbaik dalam memahami pikiran-pikiran al-Suyuthi. Secara keseluruhan ia tulis di Makkah dan diselesaikan pada Jumat, 14 Robiul Awal 1329 H. Ā 

 

Berikut ini karya-karya dari Syeikh Mahfudz Tremas berdasarkan disiplin keilmuan masing-masing:

  • Bidang Fiqih dan Ushul Fiqih
  1. Al-Siqayah al-Mardiyah fi Asma al-Kutb al-Fiqhiyyah al-Syafiā€™iyyah,
  2. Nail al-Maā€™mul bi Hasyiyah Ghayah al-Wusul fi Ilm al-Usul,
  3. Al-Isā€™af al-Matholi bi Syarh Badr al-Lamiā€™ Nadham Jamā€™ al-Jawami,
  4. Hasiyah Takmilah al-Manhaj al-Qawim ila Faraid,
  5. Mauhibbah Zi al-Fadl ā€˜Ala Syarh Muqaddimah bi al-Fadl,
  6. Tahyiā€™at al-Fikr bi Syarh Alfiyah al-Syair.
 
  • Bidang Hadis dan Ulumul Hadis
  1. Manhaj Dzawi al-Nadhar Syarh Mandhumah al-Asar,
  2. Al-Khilā€™ah al- Fikriyyah bi Syarh al-Minhah al-Khairiyyah,
  3. Al-Minhah al-Khairiyyah fi Arbaā€™in Hadisan Min Ahadis Khair al-Bariyyah,
  4. Shulashiat al-Bukhari,
  5. Inayah al-Muftaqir fima Yataā€™allaq bi Sayyidina al-Khidr,
  6. Bughyah al-Adzkiyaā€™ fi al-Bahs ā€˜an Karamah al-Auliyaā€™.
 
  • Bidang Qiraā€™at
  1. Insyirah al-Fuadi fi Qiraā€™at al-Imam Hamzah,
  2. Taā€™mim al-Manafi fi Qiraat al-Imam Nafiā€™,
  3. Tanwir al-Shadr fi Qiraā€™at al-Imam Abi Amru,
  4. Al-Badr al-Munir fi Qiraā€™at al-Imam Ibn Katsir,
  5. Al-Risalah al-Tarmasiyyah fi Asanid al-Qiraā€™at al-Asyriyyah,
  6. Ghunyah al-Thalabah bi Syarh Badr al-Lamiā€™ Nazm Jamā€™ al-Jawa
 
  • Bidang Tafsir, yaitu kitab Fath al-Khabir bi Syarh Miftah al-Tafsir.
  • Bidang Sanad, yaitu kitab Kifayah al-Mustafid fima ā€˜Ala Min al-Sanid.
 

Penulis: Wafa Satria Kamil & Mahendra Maulana Subadar