Ahad, 31 Agustus 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 29/03/2012 11:03
KH ARWANI FAISHAL
Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM NU) merupakan perangkat organisasi Nahdlatul Ulama (NU) bertugas menyelenggarakan forum bahtsul masail atau kajian hukum Islam, dalam hal ini berkaitan dengan fatwa. Bahtsul masail melibatkan para kiai yang berada di jajaran syuriyah maupun para ahli fikih yang tersebar di berbagai pondok pesantren.

Perkembangan mutakhir mengantarkan bahtsul masail turut merespon isu-isu hukum kontemporer. Akan tetapi, sudut pandang tradisional yang dipakai kadang memancing kritik dari sejumlah pihak. Misalnya, bahtsul masail mendapat tudingan sebagai ‘anti konteks’, konservatif, dan lain-lain. Berikut wawancara Mahbib Khoiron dari NU Online dengan Wakil Ketua Pengurus Pusat LBM NU, KH Arwani Faisal.
Senin, 12/03/2012 15:29
Perguruan tinggi Islam di Indoensia masih menyimpan pertanyaan. Sumber dan arah pendidikan sering terasa jauh dari idealisme pendidikan tinggi Islam. Sebagian terlalu liar sehingga melunturkan nuansa keislamannya, sebagian yang lain terlalu kolot dan tidak ramah. Lalu bagaimana dengan Perguruan Tinggi NU? Adakah revitalisasi atau adaptasi pendidikan model pesantren yang lazim di NU? Apa yang harus dilakukan para kader potensial NU untuk mewujudkan semua ini? Berikut hasil perbincangan Mahbib Khoiron dari NU Online dengan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Jakarta Drs HM Mujib Qulyubi, MH, Rabu (7/3), di kantor STAINU Jl. Kramat Raya 164, Jakarta Pusat.
Rabu, 29/02/2012 07:47
Jami’yyatul Qurra wal-Huffadz (JQH) adalah organisasi para qori-qoriah, hafidz-hafidzah, para pecinta Al-Quran, yang bernaung di bawah Nahdaltul Ulama. Organisasi ini didirikan KH Wahid Hasyim pada tanggal 12 Rabul Awwal 1371 H bertepatan 15 Januari 1951 M, di rumah H Asmuni, Sawah Besar, Jakarta.

Tujuan organisasi  ini adalah terpeliharanya kesucian dan keagungan Al-Qur’an. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran Al-Qur’an, terpeliharanya persatuan qurra wal-huffazh ahlussunah waljamaa’ah.
Jumat, 17/02/2012 13:36
Perjuangan Walisongo merupakan fakta sejarah dalam penyebaran Islam di Nusantara, khususnya pulau Jawa. Keberhasilannya yang gemilang tak lepas dari strategi mereka melalui jalur kultural. Tak ada pertumpahan darah dan inkuisisi.

Karena itulah perjuangannya selalu dikenang. Makamnya selalu diziarahi oleh segenap muslim. Tapi perjuangan sembilan ulama tersebut, dianggap sepi oleh sekelompok orang. Hal itu terbukti dengan absennya Walisongo dari Ensiklopedi Islam terbitan PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
Sabtu, 28/01/2012 06:48
BADAN OTONOM
Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) berdiri (27/09) 1955. Sebagai Banom NU, ia pernah memiliki anggota sampai 2,5 juta. Pada tahun 1973, regulasi menghendaki semua serikat buruh melebur dalam Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI). Rezim Orde Baru kemudian runtuh. Sarbumusi bangkit kembali di kancah pergerakan buruh. Kongres IV 2010 menjadi kongres pertama sejak 1973. Sarbumusi mulai melakukan konsolidasi diri. Semangat ini diwujudkan dengan peresmian kantor DPP Sarbumusi, Senin lalu (23/01).
Rabu, 04/01/2012 14:34
SENI
Ki Enthus Susmono merupakan dalang dengan dua tradisi wayang. Ia lihai memainkan wayang golek (dalam tradisi Sunda) di samping wayang kulit (dalam tradisi Jawa) dengan bahasa pengantar Jawa dialek Tegal. Dalang kelahiran Tegal, 21 Juni 1966 ini berhasil mengangkat tema-tema aktual ke dalam dunia pewayangan. Untuk itu, ia memasukkan tokoh-tokoh dunia nyata ke dalam wayang.
Selasa, 15/11/2011 11:37
Pertempuran 10 November di Surabaya, yang dikenal sebagai hari Pahlawan tak bisa dilepaskan dari adanya Resolusi Jihad, yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari, sehingga membuat para ulama menggerakkan santri dan pengikutnya untuk bersatu melawan penjajah.

Sayangnya, peranan Resolusi Jihad tersebut kurang mendapat apresiasi, bahkan cenderung dilupakan oleh pemerintah dan publik. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengingatkan kembali makna Resolusi Jihad adalah dengan menggelar Kirab Resolusi Jihad dari Surabaya ke Jakarta pada 20-25 November 2011. Acara ini melibatkan Keluarga Besar NU, yang meliputi berbagai badan otonom NU, dan kelompok kultural NU.
Selasa, 01/11/2011 14:52
Nahdlatul Ulama dibentuk salah satunya berakar dari Nahdlatut Tujjar (Kebangkitan Kaum Pedagang) sehingga visi gerakan ekonomi harus terus dihidupkan untuk mensejahterakan masyarakat.

Dengan latar belakang pengikut yang sebagian besar berprofesi sebagai petani di pedesaan, upaya pengembangan ekonomi NU menjadi tantangan berat. Keberhasilannya juga akan menjadi kesejahteraan bagi Indonesia mengingat sebagian besar rakyat Indonesia berkultur NU.
Senin, 26/09/2011 07:37
Baru saja masyarakat Muslim melewati Idul Fitri setelah sebulan menjalani ibadah puasa. Momentum keagamaan secara semarak dirayakan di mana-mana, di desa di kota, di masjid, rumah-rumah, hingga di jalanan. Anak kecil, remaja hingga orang tua semua merasakan hari raya yang dalam bahasa Jawa disebut Bada. Bada berasalah dari bahasa Arab, ba’da yang berarti setelah. Idul fitri juga disebut dengan Lebaran, dari bahasa Jawa, lebar, artinya selesai. Nah, apa yang dirasakan anak-anak hingga orang tua di saat lebaran? Apa yang ‘selesai’ setelah berpuasa sebulan penuh? Apa pula makna yang ingin dicapai Idul Fitri? Hari Senin, 19 September 2011, Kontributor NU Online Magelang Sholahuddin al-Ahmed telah mewawancarai KH Yusuf Chudlori atau masyhur dikenal dengan Gus Yusuf Pengasuh Pondok Pesantren A.P.I Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah. Berikut hasil wawancaranya.
Selasa, 10/05/2011 15:21
Dalam praktek keagamaan, oleh kelompok puritan, adat disingkirkan. Adat dinilai sebagai tidak pantas berdampingan agama. Adat manusia, agama Tuhan. Adat relatif, agama mutlak. Adat lokal, agama universal, dan seterusnya.

Senin, 08/11/2010 18:48
Masjid merupakan tempat berkumpulnya umat Islam. Dalam sejarah, masjid tak hanya sekedar tempat sholat, tetapi menjadi pusat segala kegiatan. Sayangnya, belakangan ini terjadi reduksi peran masjid sekedar tempat sholat.

Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) berupaya melakukan revitalisasi peran-peran strategis yang ditinggalkan ini, termasuk menjadikan pusat kegiatan NU di tingkat Ranting dan Anak Ranting berbasis masjid. Bagaimana langkah yang dilakukan oleh LTMNU, berikut wawancara Mukafi Niam dari NU Online dengan Ketua PP LTMNU KH Abdul Manan dalam upayanya merevitalisasikan masjid di lingkungan NU.

Apa program LTMNU dalam lima tahun ke depan?
Selasa, 26/10/2010 19:04
Selain memiliki ribuan pesantren, NU memiliki jaringan perguruan tinggi yang sangat banyak. Tercatat 215 Perguruan Tinggi menjadi anggota dari Lajnah Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU).

Bagaimana konsep pengembangan Perguruan Tinggi yang saat ini sebagian besar masih berkonsentrasi pada bidang agama, dan bagaimana menghadapi persoalan liberaalisasi pendidikan dan persoalan lainnya, berikut wawancara NU Online dengan Ketua LPTNU Dr H. Nur Ahmad di gedung PBNU, Selasa (26/10).
Selasa, 12/10/2010 12:33
KH MASYHURI MALIK
Meski mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, tapi kesadaran untuk melaksanakan rukun Islam yang ketiga, yaitu zakat ternyata masih rendah. Padahal, potensi zakat jika digalidan dikelola secara professional, transparan dan akuntabel- bertanggungjawab dari zakat ini bisa terhimpun sebesar Rp 100 triliun setiap tahunnya.

Tapi, faktanya, sampai hari ini kalau pun dikumpulkan dari seluruh hasil zakat dari seluruh lembaga amil zakat yang ada di negeri ini hanya mencapai Rp 1 triliun. Itu berarti baru satu persen dari potensi zakat yang sesungguhnya. Karena itu sosialisasi kesadaran berzakat, manfaat zakat dan menejemen pengelolaan zakat ini harus terus ditingkatkan terhadap mereka yang wajib mengeluarkan zakat (muzakky), mereka yang berhak menerima zakat (mustahiq) maupun pengelola zakat (‘amil).
Selasa, 05/10/2010 12:01
GLOBAL PEACE FESTIVAL
Perdamaian yang dicita-citakan oleh umat manusia selalu mendapat hambatan dari para ekstrimis dan mereka yang menginginkan tidak adanya perdamaian, namun demikian, upaya ini tidak boleh lelah harus terus diupayakan.

Nahdlatul Ulama selama ini telah terus menggelorakan kampanye perdamaian dengan berbagai cara, pada tanggal 15-17 Oktober mendatang, bersama dengan Global Peace Festival akan menggelar global peace festival di Jakarta, dengan berbagai ragam acara. Mukafi Niam dari NU Online melakukan wawancara dengan H Slamet Effendy Yusuf, yang menjadi ketua panitia acara ini untuk mengetahui lebih lanjut penyelenggaraanya.
Senin, 28/06/2010 16:07
Bencana yang terjadi di Indonesia hampir setiap hari memenuhi media, jika tidak ditangani dengan baik, bencana alam bisa berubah menjadi bencana sosial yang menimbulkan akibat makin buruk. Apalagi ditambah dengan adanya perubahan iklim dan posisi Indonesia yang ada di ring of fire sehingga Indonesia memang sangat rawan terhadap bencana. Disinilah pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mencegah dan mengelola bencana agar tidak semakin membesar.

Untuk menangani bencana dan perubahan iklim ini, PBNU membentuk lembaga baru, Lembaga Penanganan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) yang secara khusus akan bekerja menangani isu yang terkait dengan bencana dan perubahan iklim, bagaimana latar belakang, visi serta upaya yang akan dilakukan lembaga ini, berikut wawancara NU Online dengan Avianto Muhtadi, ketua LPBINU.
Jumat, 09/04/2010 19:06
Sektor ekonomi menjadi bagian penting dari awal berdirinya NU melalui Nahdlatut Tujjar, sayangnya belakangan ini, sektor ekonomi kurang mendapat sentuhan maksimal, padahal banyak sekali para pelaku ekonomi yang terus tumbuh dan berkembang di masyarakat. Salah satu pelaku ekonomi NU yang sukses diantaranya adalah H Muhammad Hilmy, presiden direktur PT Mubarokfood Cipta Delicia, yang memproduksi Jenang Mubarok di Kudus, yang kini usahanya sudah berusia satu abad.
Ubudiyah
Kamis, 28/08/2014 07:00
Pada dasarnya Adzan dan iqamat adalah dua hal yang hanya disunnahkan untuk dikumandangkan dalam rangka menyambut shalat lima waktu. Meskipun shalt idul...
Selasa, 26/08/2014 07:00
Pada dasarnya mengangkat tangan ketika berdo’a dan dan mengusap wajah sesudahnya bukanlah sekedar tradisi yang tanpa dasa. Keduanya merupakan sunnah...
Syariah
Rabu, 27/08/2014 12:33
Dalam konteks fiqih, ejakulasi dini biasa disebut dengan istilah ‘idzyauth atau juga adzwath yaitu orang yang air maninya keluar lebih dahulu...
Senin, 25/08/2014 16:00
Seorang istri sebagaimana diterangkan dalam surat Al-Baqarah 223 berlaku sebagai lahan yang boleh ditanami apapun oleh sang suami. Meski demikian, Islam juga...
Hikmah
Jumat, 29/08/2014 11:05
Pada suatu malam Khalifah Umar bin Khattab melakukan “blusukan” dengan ditemani ajudannya. Di tengah-tengah blusukan itu, Umar pun merasakan...
Ahad, 24/08/2014 19:02
Bagi yang akrab dengan dunia tasawuf, nama Fudhail bin ‘Iyadl tentu tidaklah asing. Kezuhudan dan pikiran-pikiran asketisnya dikagumi para ulama...
Taushiyah
Sabtu, 30/08/2014 11:02
Oleh Abdurrahman Wahid Beberapa hari yang lalu penulis artikel ini kedatangan seorang tamu. Ia adalah Mohamed Cherif Ferjani yang mengajar di Universitas...
Selasa, 26/08/2014 20:00
KH MA Sahal Mahfudh Sains ( science ) dalam tulisan ini diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam cakupan yang luas. Bukan dalam batasan satu nilai atau...
Khotbah
Jumat, 22/08/2014 05:24
KHOtBAH JUMAT
Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefAgustus 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::