::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kader PMII Banten, Lulusan Terbaik UIN Sultan Maulana Hasanudin

Senin, 17 Juni 2019 16:30 Daerah

Bagikan

Kader PMII Banten, Lulusan Terbaik UIN Sultan Maulana Hasanudin

Kota Serang, NU Online
Azis Arifin, namanya. Kader muda Nahdlatul Ulama ini mendulang prestasi cukup membanggakan. Azis meraih Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,99. Angka tersebut menahbiskan aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu sebagai lulusan terbaik Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin, Banten hingga paruh waktu 2019. Ia mampu mengungguli 558 mahasiswa lain dari berbagai program studi di kampus jingga itu.

Penganugerahan mahasiswa terbaik diberikan saat digelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana XXVI dan Pascasarjana XII UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten di gedung Syadeli Hasan, kampus setempat, Sabtu (15/6) lalu.

Azis merupakan mahasiswa Ilmu Hadis Fakultas Usuludin dan Adab tahun 2016. Selain meraih nilai tertinggi, anak pertama pasangan Chaerudin dan Ai Hasanah ini lulus tepat waktu yakni 4 tahun. Judul skripsi yang ia angkat berjudul   Penerapan Metode Ali Mustafa Yaqub Dalam Memahami Hadis Intoleransi Antar Umat Beragama.

Dihubungi NU Online, Senin (17/6), Azis mengaku hanya butuh waktu 4 bulan untuk menyelesaikan tugas akhirnya tersebut. Ia tidak menyangka bisa merengkuh prestasi setinggi itu. Azis menyatakan sangat bersyukur karena bisa membanggakan kedua orang tuanya serta kampus UIN secara keseluruhan termasuk bisa membanggakan PMII dan Nahdlatul Ulama.

"Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pembimbing skripsi Prof. Udi Mufrodi, dan Dr Masrukhin Muhsin," kata lajang yang lahir di Desa Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta-Jawa Barat ini.

Azis memang memiliki semangat tinggi dalam hal perkuliahan. Itu bisa dibuktikan dari banyaknya aktifitas yang ia lakukan selama kuliah di kampus yang berlokasi di Jalan Jendral Soedirman, Ciceri Kota Serang itu.

"Setiap hari saya belajar mengisi kegiatan yang bisa menunjang keilmuan saya," kata laki laki yang lahir 24 Oktober 1996 ini.

Untuk menunjang perkembangan keilmuannya itu, Azis bergabung dengan berbagai organisasi antara lain, PMII Komisariat UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, Himpunan Mahasiswa Bidikmisi (HMBM), Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Unit Pengembangan Tilawatil Qur'an (UPTQ), Senat Mahasiswa Fakultas Usuludin dan Adab dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hadis (IH).

"Saya belajar banyak di PMII dan organisasi lain, bagi saya itu sangat berpengaruh terhadap IP saya selama kuliah," ucap Alumni MA YPIA Cikeris, Purwakarta ini. (Abdul Rahman Ahdori/Aryudi AR).