::: NU: Kepastian awal Ramadhan akan diikhbarkan pada 15 Mei 2018 petang hari ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Sebar Hoaks tentang Kiai Said, Anggota DPRD Kotamobagu Tabayun Ansor

Rabu, 14 Maret 2018 07:00 Daerah

Bagikan

Sebar Hoaks tentang Kiai Said, Anggota DPRD Kotamobagu Tabayun Ansor
Kotamobagu, NU Online
Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut) Kadir Rumoroy akhirnya memenuhi undangan tabayun dari GP Ansor Kotamobagu dan Tim Cyber Ansor Sulut di Sekertariat PCNU Kota Kotamobagu, Selasa (13/3).

"Forum tabayun ini dibuat guna menindaklanjuti postingan hoaks beliau di akun facebook-nya beberapa hari lalu yang terindikasi memfitnah Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj," terang Kepala Sekertariat PCNU Kotamobagu Sofyan Peduho.

Setelah menjalani diskusi yang cukup alot kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai dan bersama-sama memerangi hoaks. Kadir Rumoroy juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, serta akan lebih berhati-hati dalam menyebarkan konten-konten yang kurang jelas kebenarannya di media sosial.

“Alhamdulillah, berkat kerja sama semua pihak serta demi menjaga ukhuwah maka Bapak Kadir Rumuroi ber-tabayun dan klarifikasi terkait postingannya di medsos beberapa waktu lalu. Beliau berjanji akan lebih berhati-hati dan tidak akan mengulangi kesalahannya lagi," ujar Dhanny Paramata, salah satu anggota GP Ansor Kotamobagu.

Dhanny menambahkan pihak Ansor dan Kadir Rumuroy bahkan bersepakat untuk bersama-sama melawan hoaks di media sosial.

Sementara itu Kadir Rumoroy ketika dikonfirmasi NU Online membenarkan adanya pertemuan tersebut.

“Iya benar, saya datang dan silaturahim dengan pengurus Ansor. Benar saya sudah minta maaf sebagaimana diposting oleh anak-anak Ansor di media sosial,” ujar Rumoroy.

Rumoroy terbukti turut menyebarkan hoaks potongan video ceramah Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj. Video yang diposting dengan tulisan ‘Said Agil Mengajarkan Umat Membenci Gamis’ merupakan editan bertujuan menyudutkan Kiai Said. Video awalnya dibagikan oleh akun facebook bernama Ashabul Kahfi. Postingan akun Ashabul Kahfi tersebut kemudian ikut dibagikan oleh Kadir Rumoroy melalui akun facebook miliknya, Kadir Rumoroy Mahmud.

Hasil penelusuran Cyber Ansor Kotamobagu, video asli berdurasi kurang lebih 2 menit tersebut, memperlihatkan bagaimana Kiai Said sedang memberikan tausiyah di hadapan Nahdliyin saat harlah NU ke-94 di Jepara, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Ketum PBNU mengkritik orang-orang Islam yang cenderung menjadikan agama sebagai budaya. Harusnya, menurut Kiai Said, budaya adalah pelengkap orang Islam dalam beragama.

"Budaya seharusnya untuk agama. Justru sekarang sebaliknya agama jadi budaya. Menggunakan gamis seperti Kanjeng Nabi tapi demonstrasi. Inilah yang saya maksudkan dengan Islam Nusantara, Islam yang menghormati budaya. Bukan saja menghormati, bahkan melestarikan budaya, jika budaya kita kuat, maka kita bangun agama jadi lebih kuat," kata Kiai Said dalam video tersebut.

Pernyataan tersebut menurut Kiai Said  dimaksudkan kepada mereka yang melakukan demonstrasi menggunakan gamis, meneriakkan takbir dengan penuh kesombongan, yang sebenarnya ini justru merusak citra islam itu sendiri.

Kiai Said menegaskan, "Jika gamis adalah pakaian Rasulullah maka gunakan ia sebagai pelengkap keimananmu, bukan untuk kedok memuluskan niat politis semata. Makanya lebih baik menggunakan batik, tapi untuk beragama daripada gamis tapi untuk demonstrasi."

Dengan demikian, jelas sudah dalam video itu Kiai Said tidak menghina gamis seperti yang tertulis dalam penggalan video yang telah diedit itu. Justru Kiai Said mengkritisi pembelokan maksud penggunaan gamis itu sendiri. Inilah maksud tersirat yang ingin disampaikan oleh KH Said Aqil Siroj.

Postingan hoaks tersebut sontak mendapat respons dari PC Ansor Kotamobagu dan Cyber Ansor Sulut. Mereka pun berniat untuk melaporkan postingan itu melalui LBH NU Kotamobagu. Namun, sebelum dilaporkan ke pihak berwajib, Ansor mengundang Kadir Rumoroy untuk tabayun di Sekertariat PCNU Kotamobagu. (Murdani Mokodongan/Kendi Setiawan)